Hari Terakhir Indofest 2019, Ini 6 Kiat Agar Nyaman Berbelanja

Kompas.com - 10/03/2019, 16:09 WIB
Para pengunjung memadati area luar ruang pameran Exhibition Hall B Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan, lokasi berlangsungnya bazar Indofest 2019, Kamis (7/3/2019).KOMPAS.COM/VITORIO MANTALEAN Para pengunjung memadati area luar ruang pameran Exhibition Hall B Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan, lokasi berlangsungnya bazar Indofest 2019, Kamis (7/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com – Gelaran Indonesia Outdoor Festival (Indofest) tahun ini memasuki usia kelima. Dibuka sejak Kamis (7/3/2019) lalu, bazar outdoor ini sukses mengundang antusiasme yang luar biasa dari para pengunjung.

Selain antrean masuk yang mengular panjang, para pengunjung juga berjejalan di area bazar pada hari pertama gelaran Indofest 2019 yang bertepatan dengan libur Nyepi. Memasuki tengah hari, pengunjung kian bertambah sesak.

Baca juga: Hari Pertama Digelar, Indofest 2019 Banjir Pengunjung

Hal ini sedikit banyak mengurangi kenyamanan dan menghambat keleluasaan pengunjung menjelajahi area bazar. Berkaca dari ramainya hari pertama Indofest 2019 yang bentrok dengan hari libur, berikut sejumlah tips yang bisa Anda lakukan agar bisa tetap nyaman berburu barang murah di Indofest 2019 pada akhir pekan nanti:

1. Antre masuk sejak pagi

Andai Anda berhasil mengamankan posisi depan antrean dengan tiba lebih pagi, maka suasana Indofest 2019 yang nyaman akan Anda dapatkan. Kurang lebih selama 30-60 menit, Anda sanggup berkeliling area bazar yang masih lengang dan terasa sejuk.

2. Kenakan pakaian yang nyaman

Pakain yang nyaman cukup krusial dalam hal ini. Padatnya kunjungan membuat area bazar terasa sumpek dan gerah, selain menghambat ritme berjalan.

Oleh karena itu, ada baiknya memakai pakaian yang santai dan memungkinkan Anda leluasa bergerak. Jika perlu, gunakan pakaian yang mudah menyerap dan menguapkan keringat.

3. Bawa air minum

Meskipun terdapat beberapa stan yang menjual air maupun es krim, membawa air minum pribadi jelas lebih efisien karena Anda tidak perlu sengaja menerobos lautan manusia hanya untuk membeli minum.

Bila memungkinkan, bawalah air secukupnya menggunakan tumblr demi mengurangi sampah plastik. Hindari membawa air minum dalam jumlah berlebih, karena dapat memicu rasa pegal di pundak ketika berkeliling untuk waktu yang cukup lama.

4. Isi perut sebelum menjelajah

Perut yang telah terisi memungkinkan Anda punya stok energi untuk menjelajahi area bazar Indofest 2019. Kalau perlu, tuntaskan hasrat berbelanja sebelum tiba waktu makan siang.

Baca juga: Blusukan di Indofest 2019, Jajan di Mana Jika Lapar?

Pasalnya, jumlah pengunjung selepas tengah hari kemungkinan besar akan meluber. Untuk keluar area bazar saja membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Anda pun berpotensi kehilangan barang buruan Anda lantaran ditinggal makan.

5. Sedia kipas portabel

Dinginnya area bazar Exhibition Hall B Jakarta Convention Center (JCC) seakan tidak terasa akibat ramainya kunjungan. Anda akan merasakan kesegaran tersendiri ketika berhasil mencapai titik yang lowong antrean.

Namun, jika Anda rela berbaur dalam padatnya antrean demi barang buruan, ada baiknya membawa kipas untuk menyegarkan hawa. Benda ini cukup ampuh untuk mengembalikan kesegaran.

6. Bawa ransel

Kepadatan pengunjung di area bazar tak jarang memaksa Anda berjalan menyamping laiknya kepiting. Bersenggolan tubuh pun bukan lagi hal yang langka. Menenteng belanjaan dalam jumlah yang banyak akan terasa merepotkan.

Untuk mengantisipasinya, Anda direkomendasikanmembawa ransel dari rumah dengan ukuran yang telah disesuaikan dengan jumlah belanjaan, kecuali Anda berencana membeli ransel di Indofest 2019.



Close Ads X