Kompas.com - 10/03/2019, 18:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator Bandara Internasional Narita, Jepang, akan memperkenalkan sistem teknologi pengenalan wajah untuk check in penumpang pesawat.

Pemberlakuan teknologi ini memungkinkan penumpang pesawat untuk tidak perlu melalui tahap pemeriksaan di loket imigrasi dan check in boarding pass akhir. Rencananya sistem teknologi ini akan dilaksanakan musim semi 2020.

Proses dimulai dengan penumpang terlebih dahulu mengambil foto wajah mereka di kios check-in mandiri. Penumpang juga diminta untuk memasukkan paspor dan informasi sesuai boarding pass pesawat.

Baca juga: Wisata ke Tokyo, Ini Bedanya Terbang ke Narita dan Haneda

Kamera berkinerja tinggi akan dipasang di loket pengantaran bagasi, area inspeksi keselamatan, dan gerbang keberangkatan akan melacak para penumpang.

Kamera berkinerja tinggi tersebut akan terhubung dengan mesin yang menyesuaikan identitas penumpang terhadap foto-foto yang masuk saat mereka melewati proses sampai naik ke pesawat.

Namun perlu dicatat, meski tidak lagi melewati pemeriksaan imigrasi untuk check in pesawat, paspor dan tiket pesawat masih tetap dibutuhkan di kapabeanan (costum declaration).

Baca juga: Beli Kartu SIM di Bandara Narita Jepang? Ini Panduannya...

Narita akan menjadi bandara pertama di Jepang yang mengadopsi sistem canggih ini. Maskapai Japan Airlines dan All Nippon Airways direncanakan akan menjadi maskapai uji coba pertama, ketika sukses, konsep ini akan dilakukan bertahap ke maskapai lainnya.

Operator Bandara Internasional Narita berharap melalui sistem ini, dapat meningkatkan kenyamanan bagi penumpang jelang Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020 dan Paralimpiade.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.