Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Jigokudani, “Lembah Neraka” di Hokkaido

Kompas.com - 11/03/2019, 11:06 WIB
Sherly Puspita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ada satu destinasi menarik yang dapat Anda kunjungi ketika berlibur ke Hokkaido, Jepang. Warga sekitar kerap menyebut lokasi itu sebagai Jigokudani. Dalam bahasa Inggris Jikokudani berarti hell valley atau lembah neraka.

Jigokudani berada di atas Kota Noboribetsu, Hokkaido. Kawasan wisata ini berupa kawah beruap yang terdapat sumber air panas belerang.

Kawah Jigokudani tercipta dari letusan gunung berapi sekitar 20.000 tahun yang lalu hingga menciptakan kawah seluas 24 acre atau 97.124,554 meter persegi.

Baca juga: Tak Hanya Salju, Ada Beruang Kutub di Kebun Binatang Hokkaido Jepang

Uap vulkanik yang terus mengepul dari dalam kawah dan bau belerang yang menyengat membuat warga sekitar kerap menyebut Jigokudani sebagai "pintu gerbang menuju neraka".

Masyarakat sekitar juga mempercayai bahwa kawah tersebut merupakan tempat tinggal sekelompok iblis yang dapat hidup dalam suhu yang teramat panas. Legenda ini tercermin dari patung-patung yukijin yang berarti iblis yang dibangun menyebar di banyak lokasi di Kota Noboribetsu.

Jigokudani, Hokkaido.Travelwireasia Jigokudani, Hokkaido.

Namun Jigokudani hanya berjarak beberapa menit di sebelah utara Kota Noboribetsu dan tak seseram kedengarannya. Bahkan di tempat ini Anda dapat memperoleh foto cantik nan instagenic.

Anda dapat menjelajahi Jigokudani melalui jalanan yang merupakan untaian  kayu sepanjang delapan kilometer yang membentang melalui taman. Anda juga dapat berhenti sejenak untuk melihat indahnya pohon yang rimbun dengan latar puncak-puncak gunung bersalju di sekitarnya.

Baca juga: Mencicipi Kaisen-don, Nasi dengan Topping Sashimi di Hokkaido

Oleh sebab itu selalu siapkan kamera Anda untuk mengabadikan setiap momen menarik menjelajahi Jigokudani.

Jika Anda berdiri di lembah gunung, Anda akan dengan mudan memperoleh pemandangan kawah vulkanik berwarna kuning oranye yang begitu mengagumkan. Pemandangan ini dipercantik dengan kepulan asap vulkanik dari dalam kawah.

Jigokudani, Hokkaido.Travelwireasia Jigokudani, Hokkaido.

Di sekitar kawasan wisata itu, Anda juga dapat menemui Sungai Oyunuma yang merupakan sungai berair hangat yang berkelok-kelok melintasi hutan.

Anda juga dapat mengunjungi kuil Shinto yang didedikasikan untuk Enma atau Yama, Raja Neraka.

Jika Anda datang di bulan Agustus, Anda dapat mengunjungi Noboribetsu Jigoku Matsuri yang merupakan “Festival Neraka” tahunan.

Dalam festival ini jalanan akan dipenuhi dengan berbagai kegiatan, pertunjukan tarian rakyat yang energik, hingga pertunjukan kembang api yang memukau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com