SOROT POLITIK

Murah dan Menyenangkan, Wisata Instagramable dari Dana Desa

Kompas.com - 12/03/2019, 08:58 WIB
Salah satu daerah yang berhasil memanfaatkan sebagian dana desa untuk pengembangan obyek wisata adalah Desa Ponggok di Klaten, Jawa Tengah. Dok IstimewaSalah satu daerah yang berhasil memanfaatkan sebagian dana desa untuk pengembangan obyek wisata adalah Desa Ponggok di Klaten, Jawa Tengah.
Editor Latief

KOMPAS.com - Ingin berwisata tapi memiliki dana dan waktu terbatas? Jangan khawatir, data Badan Pusat Statistik ( BPS) 2018 menyebutkan ada 1.734 desa yang berpotensi menjadi desa wisata.

Semua orang bisa menikmati desa-desa wisata itu. Potensi pada 2018 tersebut bertambah banyak dibandingkan potensi pada 2014 yang hanya 1.302 potensi desa wisata.

Potensi yang disampaikan BPS tersebut sudah digali dan dikembangkan oleh sejumlah pemerintah daerah untuk lebih memajukan daerahnya. Ya, itu dilakukan baik dari sisi pengembangan ekonomi daerah maupun potensi destinasi wisatanya. 

Hal tersebut sejalan dengan imbauan Presiden Joko Widodo pada sebuah kesempatan.

"Pemerintah daerah diharapkan bisa meningkatkan perekonomian di desanya dengan mengoptimalkan potensi yang bisa menjadi kunjungan wisata di daerahnya," ujar Jokowi.

Tak ada alasan bahwa berwisata itu harus dengan kantong tebal dan waktu yang panjang. Yang pasti, desa-desa wisata di Indonesia asyik buat selfie dan diunggah ke Instagram. Yuuuk wisata ke desa!Dok Istimewa Tak ada alasan bahwa berwisata itu harus dengan kantong tebal dan waktu yang panjang. Yang pasti, desa-desa wisata di Indonesia asyik buat selfie dan diunggah ke Instagram. Yuuuk wisata ke desa!
Terkait itulah, pemerintah daerah juga bisa memanfaatkan dana desa untuk mengembangkan potensi wisata. Salah satu daerah yang berhasil memanfaatkan sebagian dana desa untuk pengembangan obyek wisata adalah Desa Ponggok di Klaten, Jawa Tengah.

Dengan mengembangkan potensi wisata air Umbul Ponggok, Desa Ponggok berhasil mengantongi Rp14 miliar per tahun. Cukup dengan membayar tiket masuk Rp15.000 per orang, wisatawan sudah bisa berwisata air yang instagramble.

Jadi, tak ada alasan bahwa berwisata itu harus dengan kantong tebal dan waktu yang panjang. Yang pasti, desa-desa wisata di Indonesia asyik buat selfie dan diunggah ke Instagram. Yuuuk wisata ke desa!



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X