Menikmati Alam Utara Merbabu di Agrowisata Kopeng Gunungsari

Kompas.com - 12/03/2019, 11:04 WIB
Panorama sisi utara Merbabu dari Agrowisata Kopeng Gunungsari, Semarang, Jawa Tengah.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Panorama sisi utara Merbabu dari Agrowisata Kopeng Gunungsari, Semarang, Jawa Tengah.

SEMARANG, KOMPAS.com – Menikmati liburan di kawasan pergunungan merupakan pilihan yang tepat. Sejuknya udara gunung dan keindahan panorama dari ketinggian merupakan sarana refreshing terbaik yang bisa ditemukan di sana.

Jika domisili atau tempat tinggal ada di wilayah Semarang, Salatiga, dan sekitarnya, daerah Kopeng yang berada di utara Gunung Merbabu bisa menjadi tujuan wisata untuk berlibur.

Baca juga: Warna-warni Taman Bunga Celosia Mekar sampai Boyolali

Ada banyak pilihan tempat wisata untuk dikunjungi di Kopeng, salah satunya adalah Agrowisata Kopeng Gunungsari. Obyek wisata ini terletak di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Berjarak sekitar 18 kilometer dari Kota Salatiga, Agrowisata Kopeng Gunungsari searah dengan jalan menuju Basecamp Pendakian Merbabu via Cuntel. Nanti obyek wisata ini akan ditemukan di kanan jalan.

Taman bunga di utara Gunung Merbabu

Agrowisata Kopeng Gunungsari menyajikan perpaduan keindahan taman bunga yang berpadu dengan kebun buah jambu. Tiket masuk adalah sebesar Rp 20.000 dengan bonus makan jambu gratis. Untuk pelajar dan anak-anak, harga tiket adalah Rp 10.000.

Spot Instagramable langsung menyambut wisatawan usai membeli tiket masuk di loket. Sebuah lengkungan kawat dengan tanaman yang menyerupai terowongan seolah membuat tangan gatal untuk menjepretnya dengan lensa kamera.

Taman bunga dengan latar belakang pergunungan di Agrowisata Kopeng Gunungsari, Kabupaten Semarang.River Tubing Kalipringkuning Taman bunga dengan latar belakang pergunungan di Agrowisata Kopeng Gunungsari, Kabupaten Semarang.
Usai melewati spot terowongan ke arah utara, giliran taman bunga yang menyambut wisatawan. Berbagai bunga aneka warna seperti cosmos dan bunga kertas bisa dijumpai di sini. Namun tentu saja bunga-bunga itu dilarang untuk dipetik.

Panorama ke sisi utara yang terbuka dari ketinggian menjadi unggulan Agrowisata Kopeng Gunungsari. Keindahan panorama dari ketinggian dan warna-warni bunga menjadi menjadi perpaduan sempurna yang tersaji di sini.

Menara Pandang yang Unik

Satu hal yang unik di Agrowisata Kopeng Gunungsari adalah adanya menara dari bambu yang menjulang setinggi empat lantai. Wisatawan bisa naik ke atas untuk mendapat pemandangan kawasan Agrowisata Kopeng Gunung.

Baca juga: Taman Bunga Cantik di Kaki Gunung Slamet

Panorama ke arah utara menjadi unggulan. Perpaduan taman bunga, amfiteater terbuka, spot swafoto, dan Gunung Telomoyo tepat di sisi utara menjadikan lanskap sempurna yang wajib diabadikan melalui lensa kamera.

Jika cuaca sangat cerah, pemandangan di sisi utara akan semakin indah. Gunung Andong yang terlihat seperti pelana kuda pun bisa terlihat jelas di sisi barat daya. Sementara di belakangnya, tampak Gunung Sumbing dan Sindoro yang menghiasi cakrawala.

Menara pandang yang unik di Agrowisata Kopeng Gunungsari, Kabupaten Semarang.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Menara pandang yang unik di Agrowisata Kopeng Gunungsari, Kabupaten Semarang.
Sisi selatan pun tidak kalah indah. Meski bukanlah bentang terbuka seperti sisi utara, gagahnya Gunung Merbabu tetap terlihat memesona. Jika cermat, menara pemancar yang ada di jalur pendakian turut terlihat meski kecil.

Wisatawan tidak hanya bisa memanfaatkan menara pandang untuk mendapat pemandangandari tempat yang lebih tinggi. Menara ini bisa ikut dipotret dari spot foto lain untuk mendapatkan variasi kombinasi gambar yang unik.

Baca juga: Klaten Kini Punya Taman Bunga Bernuansa Belanda

Fasilitas di Agrowisata Kopeng Gunungsari juga sudah lengkap. Tersedia warung makan yang bisa digunakan untuk acara kumpul-kumpul seperti reuni. Fasilitas lain seperti mushalla dan toilet juga sudah ada di sini.



Close Ads X