Kompas.com - 13/03/2019, 10:36 WIB

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Sejumlah kendaraan lalu lalang di Jalan Perdagangan, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Sabtu (3/3/2019) malam.

Layaknya daerah lainnya, akhir pekan menjadi pusat keramaian di pusat kota. Sebagian pengendara menggunakan roda empat dan roda dua melintas di jalan masuk kota tersebut.

Sepanjang jalan itu sebelah kiri berjejer pedagang durian. Durian ditumpuk-tumpuk. Satu tumpuk sekitar enam atau tujuh buah. Tergantung besar buah durian tersebut. Sangat mudah menemukan pedagang durian di lokasi itu.

Baca juga: Menilik Asal-usul Tradisi Borong Durian di Rumpin

Biasanya mereka langsung menyapa dengan bahasa Aceh “piyoh piyoh.."  atau singgah-singgah. Sebagian pengendara menepi. Memilih beberapa buah durian. Menawar harga.

“Silakan pilih, jika tawar, atau busuk kami ganti,” kata Ibrahim, seorang pedagang yang puluhan tahun berdagang di lokasi itu.

Kali ini, durian yang dijual Ibrahim dari Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh.

Pembeli memilih durian di Jalan Perdagangan, Kota Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (2/3/2019) malam.KOMPAS.com/MASRIADI Pembeli memilih durian di Jalan Perdagangan, Kota Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (2/3/2019) malam.
Daerah dataran tinggi itu memang sedang musim durian. Sedangkan di Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara, musim durian jatuh pada bulan Agustus, saban tahun.

“Jika tak musim di Aceh, kami cari durian di Sidikalang, Sumatera Utara,” kata Ibrahim.

Baca juga: Pasar Durian Banjaroya Bisa Ditemui di Jalur Alternatif Jogja-Magelang

Sehingga, wajar saja, di lokasi itu durian tersedia. Tanpa musim. Saban malam tersedia. Kali ini, harga durian dijual Rp 15.000 per butir. Ukuran kecil. Sedangkan ukuran besar Rp 35.000 per butir. Per tumpuk dibanderol Rp 75.000.

“Bisa jual murah sedikit karena sumber durian di Aceh Tengah. Jadi tidak terlalu mahal ongkos angkut,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.