3 Makanan Manis Khas Turki untuk "Ngopi" Sore

Kompas.com - 13/03/2019, 16:10 WIB
BaklavaKOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Baklava


KOMPAS.com - Turki terkenal oleh berbagai hidangan manis. Bahkan jika berkunjung ke Turki, aneka makanan manis ini menjadi oleh-oleh khas yang diburu oleh wisatawan.

Makanan manis cocok untuk disantap dengan teh dan kopi Turki yang terkenal tidak dicampur gula. Berikut tiga makanan manis khas Turki yang terkenal:

1. Baklava

Baklava merupakan pastry berlapis dengan isian kacang seperti pistachio atau walnut yang ditumbuk kasar kemudian dilapisi dengan madu manis. Baklava memiliki rasa manis legit dengan tekstur yang kaya, dari pastry dan tekstur kacang.

BaklavaKOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Baklava
Untuk menyantap baklava orang Turki biasa memotong secara vertikal, agar menyisakan lapisan bawah yang tawar dan atas yang manis.

2. Kunafe

Keju yang dilapisi tepung serut, kemudian digoreng. Warnanya keemasan ketika disantap terasa garing di bagian luar, kemudian keju leleh di bagian dalam. Kunafe cocok disantap dalam kondisi hangat, agar keju di dalamnya meleleh dengan sempurna.

KunafeKOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Kunafe

Kunafe juga dapat dikreasikan dengan ditambah es krim atau topping lain seperti cokelat. Normalnya kunafe ditaburi serbuk pistachio.

3. Turkish Delight

Punya nama lain "lokum". Makanan manis ini memiliki aneka warna, dengan rasa beragam. Contohnya rasa lemon, mint, atau jeruk. Teksturnya sendiri kenyal mengingatkan akan permen kenyal dari Indonesia.

Selain tiga hidangan tersebut, Turki masih punya makanan manis lain. Namun tiga ini yang paling terkenal dan dapat dibeli di luar Turki, bahkan di Indonesia.

"Sebenarnya kami tidak sering makan-makanan manis tetapi ketika makan kami makan banyak sekali," jelas pemandu wisata dari Turki, Sarhad selama acara Zaloramadhan Discoveries bersama Zalora Indonesia dan Klook Travel Indonesia, di Turki, Selasa (12/3/2019).

Sarhad menyebutkan orang Turki tidak punya waktu khusus untuk menyantap hidangan manis. Sama halnya dengan orang Indonesia, hidangan manis dapat disantap kapan saja.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X