Pekan Depan “Good France 2019” Digelar di 6 Kota Besar se-Indonesia

Kompas.com - 13/03/2019, 18:12 WIB
Menara Eiffel di PerancisShutterstock Menara Eiffel di Perancis

KOMPAS.com – Kabar baik baik Anda pecinta masakan Perancis. Pada tanggal 21 Maret 2019, Festival Internasional Cita Rasa Perancis bertajuk Good France 2019 akan digelar.

Di festival ini Anda dapat menikmati beragam masakan khas Perancis di restoran-restoran yang terdapat di enam kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali dan Manado.

Media Communication Good France, Dwi Setyowati, mengatakan di skala dunia ada 5.000 restoran yang berpartisipasi dalam acara ini, 60 restoran berada di Indonesia. Selain di Indonesia, festival ini juga digelar di 151 negara lainnya.

Baca juga: Indonesia Ikut Promosi Wisata Gastronomi di Perancis

Di Jakarta ada 21 restoran yang berpartisipasi dalam acara ini. Restoran-restoran itu antara lain AMKC Atelier, AMUZ, Bistro Baron, Bleu Alley, Blue Terrace, Emilie, Garcon, Kalture, Levant, Lyon, Nusa, Olivier, Orient8, Pardon My French, PAUL, Podomoro University, Sea Brain, Shophie Authentique, dan Tangier.

Restoran-restoran yang berpartisipasi dalam festival ini akan memberikan promo spesial, sehingga harga menu masakan Prancis yang disajikan tak akan semahal biasanya.

Duta Besar Perancis untuk Indonesia Jean Charles Berthonnet bersama para chef yang berpartisipasi dalam Good France 2019.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Duta Besar Perancis untuk Indonesia Jean Charles Berthonnet bersama para chef yang berpartisipasi dalam Good France 2019.

Dalam sambutannya, Duta Besar Prancis untuk Indonesia Jean Charles Berthonnet mengatakan tahun ini merupakan tahun ke-5 Good France digelar.

“Ini adalah festival tahunan yang dimulai pada tahun 2015 oleh Kementerian Luar Negeri Prancis dan koki berbintang Michelin Alain Ducasse. Acara unik ini menghadirkan konsep orisinal: pada hari yang sama, koki dari seluruh dunia akan menawarkan menu Perancis yang dapat memunculkan inovasi kuliner dunia,” katanya di Universitas Podomoro, Central Park, Jakarta Barat, Selasa (12/3/2019).

Ia menambahkan, festival ini rutin digelar untuk membawa nilai-nilai penting yang dibawa oleh gastronomi atau tata boga khas Prancis yang telah dinyatakan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada tahun 2010.

Baca juga: Warga Perancis Serbu Rendang di Pameran Gastronomi Paris

Dwi menambahkan, setiap Good France digelar, tak hanya makanan khas saja yang disajikan. Festival ini juga mengangkat tema daerah-daerah penghasil makanan khas nan nikmat di Perancis.

“Jadi supaya masyarakat dunia tidak hanya tau Preancis karena Parisnya saja, hanya menara Eiffel-nya saja. Tapi juga daerah-daerah lain yang indah. Tahun ini kami mengangkat tema masakan Provence. Ini adalah daerah pesisir di Perancis. Makanya kebanyakan makanan yang disajikan tahun ini akan dominan dengan seafood-nya,” paparnya.

Menurutnya, dengan digelarnya festival ini semakin banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi beragam daerah di Perancis untuk berwisata kuliner. 




Close Ads X