Mengenal Destinasi Wisata Provence di Perancis

Kompas.com - 14/03/2019, 07:00 WIB
Pesona Provance yang jadi ikon Good France tahun 2019.Good France Pesona Provance yang jadi ikon Good France tahun 2019.

KOMPAS.com – Setiap tahun Festival Internasional Cita Rasa PrancisGood France” mengusung tema yang berbeda-beda. Tema biasanya berdasarkan makanan tradisional khas suatu daerah di Prancis.

Demikian juga Good France tahun ini. Festival yang akan digelar pada tanggal 21 Maret 2019 tersebut mengusung tema Provence. Provence merupakan wilayah di Prancis bagian tenggara yang berbatasan dengan Laut Tengah dan Italia.

Salah satu pembicara dalam konferensi pers jelang Good France 2019, Winnalia Lim mengatakan, Provance merupakan salah satu wilayah yang banyak dikunjungi wisatawan jika berkunjung ke Perancis.

“Akses menuju Provence juga sudah sangat mudah. Wisatawan dapat menggunakan kereta atau pesawat untuk menuju ke sana,” ujar Winnalia di Universitas Podomoro, Selasa (12/3/2019).

Pesona Provance yang jadi ikon Good France tahun 2019.Good France Pesona Provance yang jadi ikon Good France tahun 2019.
Ia melanjutkan, di Provence wisatawan dapat melakukan penerbangan domestik atau internasional melalui Bandara Internasional Marseille. Kemudian jika ingin berkeliling Provence dengan menggunakan kereta, wisatawan akan dengan mudah menemukan sejumlah stasiun kereta api di wilayah ini.

Tak hanya itu, Provence merupakan kota terbesar kedua di Prancis. Jika berkeliling Provenence wisatawan dapat menemukan beragam destinasi wisata sejarah. Beragam karya seni ciptaan seniman kelas dunia seperti Picasso, Van Gogh, hingga Cézanne juga akan dengan mudah ditemukan.

“Cuaca di Provence selalu indah. Matahari akan bersinar sekitar 300 hari selama setahun,” lanjut Winnalia.

Pesona Provance yang jadi ikon Good France tahun 2019.Good France Pesona Provance yang jadi ikon Good France tahun 2019.
Di kawasan itu wisatawan akan dapat menyaksikan ladang lavender yang spektakuler di desa-desa di Luberon, Valensole, dan Biara Senanque selama musim panas.

Biasanya pada musim panas bunga-bunga lavender akan bermekaran secara bersamaan sehingga akan menampilkan ladang lavender berwarna ungu yang sangat cantik.

Wisatawan juga dapat menyambangi Gunung Saint Victoire, atau hanya sekedar berjalan-jalan di lembahnya saja. Gunung ini memiliki puncak bernama Mouches yang tingginya mencapai 1.011 meter dari permukaan laut.

Gunung ini memiliki pemandangan yang indah. Keindahan Gunung Saint Victoire telah diabadikan dalam berbagai lukisan karya Paul Cézanne, seniman beraliran impresionis yang terkenal.

Wisatawan dapat juga menyambangi Taman Nasional Calanques. Ada gugusan bukit batuan karst yang berdiri tegak di antara lautan berwarna biru. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam Taman Nasional Calanques sambil berkeliling dengan menggunakan kapal pesiar.

Mengenai makanan khasnya, Provence memiliki beragammakanan ala pesisir yang memiliki cita rasa begitu nikmat. Masakan Provence juga memadukan beragam rempah sehingga cocok dinikmati oleh wisatawan asal Indonesia.

Makanan khas Provence, salah satu daerah di Prancis yang jadi ikon Good France tahun ini.Good France Makanan khas Provence, salah satu daerah di Prancis yang jadi ikon Good France tahun ini.
Adapun tahun ini Good France akan digelar di enam kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, dan Bandung.

Duta Besar Perancis untuk Indonesia Jean Charles Berthonnet mengatakan, dipilihnya sejumlah daerah sebagai tema festival makanan ini juga bertujuan untuk menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Prancis. 

Ia menambahkan, dengan dikenalkannya destinasi-destinasi wisata lain di Prancis, wisatawan tak hanya mengenap Perancis karena Paris dan Eiffel-nya saja. 



Close Ads X