Lelah Mendaki Merbabu, Usir dengan Berenang di Air Terjun Umbul Songo

Kompas.com - 14/03/2019, 18:11 WIB
Kolam renang di kawasan Air Terjun Umbul Songo, Kabupaten Semarang.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Kolam renang di kawasan Air Terjun Umbul Songo, Kabupaten Semarang.

SEMARANG, KOMPAS.com – Dusun Cuntel merupakan salah satu pintu gerbang pendakian Gunung Merbabu yang berada di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga: Menikmati Alam Utara Merbabu di Agrowisata Kopeng Gunungsari

Tentu setelah melakukan pendakian, kebanyakan pendaki akan merasa lelah. Namun bagi pendaki Merbabu yang turun via Cuntel, mereka bisa melakukan satu hal untuk mengusir rasa lelah usai pendakian, yakni berenang.

Tidak jauh dari Basecamp Pendakian Cuntel, ada satu kolam renang dengan harga murah yang bisa digunakan. Kolam renang itu ada di kawasan wisata Air Terjun Umbul Songo yang masih ada dalam pengelolaan Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGM).

Pintu masuk kawasan wisata ini searah dengan jalur menuju Basecamp Pendakian Cuntel sehingga mudah untuk ditemukan. Jarak dua tempat itu hanya sekitar 2 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 10 menit saja.

Menuju Kolam Renang

Memang nama obyek wisata ini adalah Air Terjun Umbul Songo. Namun sayangnya air terjun tidaklah besar. Bahkan ketika musim hujan aliran airnya masih kecil karena hanya bersumber dari air hujan. Air terjun akan besar sehabis diguyur hujan.

Baca juga: 4 Tips Berkunjung ke Agrowisata Kopeng Gunungsari

Akan tetapi atraksi wisata di sini tidak hanya air terjun saja. Pihak TNGM telah menambahkan beberapa atraksi wisata lain berupa kolam renang dan taman usai renovasi kawasan Air Terjun Umbul Songo yang selesai sekitar awal tahun 2019.

Air Terjun Umbul Songo yang alirannya Kecil.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Air Terjun Umbul Songo yang alirannya Kecil.

Jarak pintu gerbang dengan kolam renang hanya sekitar 70 meter yang ditempuh dengan berjalan kaki. Jalan setapak yang tersedia pun sudah bagus usai renovasi. Berbentuk tangga dari batu, jalurnya mudah ditapaki dan tidak licin.

Nanti usai melewati air terjun dan dua jembatan kayu, tibalah perjalanan di area kolam renang. Bangunan kolam renang masih baru karena merupakan salah satu hasil renovasi yang baru saja selesai dilakukan.

Segarnya Kolam Renang di Tengah Hutan

Pengunjung tidak perlu membayar lebih jika ingin berenang. Tiket masuk Air Terjun Kedung Kayang hanyalah Rp 6.000, termasuk untuk berenang dan menjelajah taman. Kondisi kolam renang cukup bersih dan penuh warna.

Baca juga: Kopeng Treetop, Wisata Outbound yang Instagramable di Kaki Merbabu

Air kolam renang pun sangat sejuk dan dingin. Langsung berasal dari pergunungan, air kolam renang juga begitu segar. Jika belum terbiasa, rasanya kemungkinan besar cukup takut untuk langsung menceburkan diri karena dinginnya air.

Perosotan melingkar di kolam renang kawasan Air Terjun Umbul Songo.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Perosotan melingkar di kolam renang kawasan Air Terjun Umbul Songo.

Namun begitu menceburkan diri, sejuk, dingin, dan segarnya air kolam renang seolah langsung mengusir segalal lelah, termasuk kelelahan usai melalukan pendakian. Bahkan bisa saja asyiknya berenang sampai membuat lupa diri jika barusan melakukan pendakian.

Pihak TNGM juga telah menambahkan wahana perosotan yang berliku dari ketinggian seperti di water boom. Pengunjung bisa menceburkan diri ke kolam renang melalui perosotan itu agar lebih seru.



Close Ads X