4 Tempat Unik di Australia, Ada Kota Bawah Tanah sampai Ibukota UFO!

Kompas.com - 15/03/2019, 14:11 WIB
Tanda UFO di Wycliffe Well yang dianggap sebagai Ibukota UFO.Shutterstock Tanda UFO di Wycliffe Well yang dianggap sebagai Ibukota UFO.

KOMPAS.com – Benua Australia memang menyimpan berbagai pesona dan keunikannya tersendiri. Tak hanya keindahan alam, ada beberapa tempat aneh yang tersebar di Negeri Kanguru ini.

Berikut ini adalah 4 tempat unik yang bisa ditemukan di Australia.

1. Kota Hantu Gwalia, Australia Barat

Kota Hantu Gwalia di Australia Barat.Shutterstock Kota Hantu Gwalia di Australia Barat.
Predikat Kota Hantu rasanya pantas disematkan untuk tempat ini. Gwalia berlikasi di Australia barat, sekitar 828 kilometer sebelah timur Perth. Kota hantu ini tidak muncul begitu saja. Gwalia pernah ramai pada masa kejayaannya.

Gwalia diyakini merupakan tambang emas terdalam di Australia. Dahulu, populasi di kota ini mencapai 1.100 jiwa. Masa kejayaan Gwalia mulai pudar karena kebakaran tambang di tahun 1920-an. Sejak kebakaran itu, Gwalia tidak pernah sepenuhnya pulih kembali.

Baca juga: Mengintip 5 Keajaiban Alam Benua Australia

Tepatnya tahun 1960, tambang ditutup total. Penduduk pun ramai-ramai meninggalkan Gwalia. Kini peradaban masyarakat saat itu masih tersisa. Rumah kosong dan mobil yang berkarat seolah memunculkan perasaan ditinggalkan yang cukup menyeramkan.

2 Kota Bawah Tanah Coober Pedy, Australia Selatan

Gereja Bawah Tanah di Coober Pedy, Australia Selatan.Shutterstock Gereja Bawah Tanah di Coober Pedy, Australia Selatan.
Kota tambang antah berantah ini cukup terkenal. Salah satunya dikarenakan rumah bawah tanahnya. Sejarah kota tambang ini dimulai sejak 1915 saat seorang anak tidak sengaja menemukan batu berharga (opal) di sana.

Kemudian penambangan opal dimulai di sana. Penambang pun membangun ruang istirahat di bawah tanah karena siang hari yang sangat panas. Hingga kini pun penambangan opal masih dilakukan di sini dan menjadi salah satu tambang opal di dunia.

Baca juga: Australia Minta Pengunjung Pulau Maria Tidak Swafoto dengan Wombat

Akan tetapi sekarang Coober Pedy sangat bergantung pada sektor pariwisata. Ada beberapa tempat unik yang bisa dikunjungi wisatawan di sana seperti tambang, kuburan, dan gereja bawah tanah. Wisatawan juga bisa menginap di penginapan bawah tanah.

3 Kerajaan Hutt River, Australia Barat

Bendera Kerajaan Hutt River, Australia Barat.Shutterstock Bendera Kerajaan Hutt River, Australia Barat.
Ada satu tempat di Australia Barat yang memiiki paspor, mata uang, dan perangkonya sendiri, yakni Hutt River. Tempat yang dikenal dengan The Principally of Hutt River ini terletak sekitar 517 kilometer sebelah utara Perth.

Wilayah ini didirikan oleh Pangeran Leonard, seorang petani nyentrik yang sempat berseteru dengan pemerintah Australia Barat mengenai masalah kouta gandum pada tahun 1970-an.

Meski mengklaim diri sebagai kerajaan, wilayah ini tidak diakui sebagai negara merdeka. Kini Ibukota Nain memiliki bangunan kantor pos, ruang the dan kapel non-denominasi unik yang menarik kujungan wisatawan.

4 Ibukota UFO, Wycliffe Well, Northern Territority

Patung Alien di Wycliffe Well, Northern Territory.Shutterstock Patung Alien di Wycliffe Well, Northern Territory.
Wycliffe Well dianggap sebagai Ibukota UFO di Australia. Bahkan ada klaim yang menyatakan pengunjung akan menemukan sesuatu yang aneh seperti UFO ketika terjaga sepanjang malam.

Baca juga: 5 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan Ketika Mengunjungi Melbourne

Untuk semakin menguatkan status sebagai Ibukota UFO kini patung-patung alien banyak dibangun di sini. Berada di Wycliffe Well seolah berada di planet asing dengan alien-aliennya. Tempat ini pun menjadi tujuan wisata karena keunikan yang dimiliki.




Close Ads X