4 Aktivitas Seru di Pantai Ngobaran, Gunungkidul

Kompas.com - 15/03/2019, 20:11 WIB
Pantai Ngobaran, Gunungkidul, Yogyakarta.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pantai Ngobaran, Gunungkidul, Yogyakarta.

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com – Bermain pasir dan air bukanlah satu-satunya aktivitas yang bisa dilakukan ketika berlibur ke pantai. Jika pantai yang dituju memiliki beragam keunikan dan keindahan, tentu lebih banyak aktivitas yang bisa dilakukan.

Salah satu pantai seperti itu ada di Kabupaten Gunungkidul, yakni Pantai Ngobaran. Pantai ini memang memiliki keunikan yang membuatnya sekilas mirip dengan pantai-pantai di Pulau Bali dengan pura-nya.

Baca juga: Sebelum ke Pantai Gunungkidul, Jajan Dulu di Pasar Digital Ngingrong

Jika berkunjung ke Pantai Ngobaran, berikut adalah 4 aktivitas seru yang bisa dilakukan:

1. Berfoto di Depan Pura dan Arca

Satu hal yang spesial di Pantai Ngobaran adalah keberadaan pura dan arca. Bukan sekadar ornamen, pura bernama Segara Wukir ini masih berfungsi sebagai tempat ibadah umat Hindu.

Pura Segara Wukir di Pantai Ngobaran, Gunungkidul, Yogyakarta.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pura Segara Wukir di Pantai Ngobaran, Gunungkidul, Yogyakarta.

Meski demikian, wisatawan yang berlibur ke Pantai Ngobaran boleh menggunakan pura dan arca sebagai latar belakang ketika berfoto. Memang hasil jepretan nanti membuat seseorang seolah benar-benar berada di Pulau Dewata.

Baca juga: Gunungkidul Punya Taman Bunga di Dekat Pantai

Namun hendaknya tidak terlalu berlebihan dalam berfoto di tempat ibadah umat Hindu ini. Selain itu, tentu saja vandalisme dalam bentuk apa pun tidak boleh dilakukan sama sekali di sini.

2. Swafoto di spot foto

Selain pura dan arca, masyarakat Pantai Ngobaran juga telah menambahkan beberapa spot foto yang unik. Wisatawan pun semakin banyak mendapat pilihan tempat berfoto untuk memperkaya hasil foto-foto dari Pantai Ngobaran ini.

Wisatawan Berfoto di Spot Foto Pantai Ngobaran.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Wisatawan Berfoto di Spot Foto Pantai Ngobaran.

Namun untuk berfoto di spot-spot yang tersedia, wisatawan harus membayar. Hal itu wajar karena selain untuk pemasukan, dana nantinya juga digunakan untuk merawat dan mengembangkan spot foto yang ada.

Baca juga: 6 Tips Berkunjung ke Taman Bunga Telaga Malingan Gunungkidul

Masyarakat pun menyediakan jasa foto. Pengunjung pun bisa datang tanpa membawa perangkat fotografi. Nantinya fotografer akan mengarahkan pengunjung ke spot yang bagus. Selain itu, perangkat kamera DSLR fotografer juga mampu menghasilkan foto yang bagus.

3. Berburu foto keren

Khusus untuk pencinta fotografi, siapkan fisik untuk menjelajahi Pantai Ngobaran. Pura, arca, dan keindahan Pantai Ngobaran bisa dijepret dari banyak tempat untuk menghasilkan perspektif foto yang unik.

Pantai Ngobaran, Gunungkidul, Yogyakarta.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pantai Ngobaran, Gunungkidul, Yogyakarta.

Salah satu spot pengambilan foto yang bagus ada di puncak bukit sebelah barat Pantai Ngobaran yang berbatasan dengan Pantai Nguyahan. Dari atas bukit, panorama Pantai Ngobaran dengan Pura Segara Wukir-nya tampak begitu menawan.

Baca juga: 5 Sajian Tradisional yang Bisa Dinikmati di Pasar Digital Ngingrong

Pantai Nguyahan juga turut terlihat dari ketinggian di puncak bukit. Pantai Nguyahan memiliki garis pantai pasir putih yang lebih luas dari Ngobaran sehingga cocok bagi mereka yang ingin bermain pasir.

4. Bermain air di pantai

Pantai Ngobaran bisa jadi lebih cocok dikunjungi untuk aktivitas foto, baik untuk seni fotografi profesional atau sekadar swafoto. Namun hal itu bukan berarti bermain air laut di atas pasir putih mustahil untuk dilakukan.

Kawasan Pantai Pasir di Pantai Ngobaran.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Kawasan Pantai Pasir di Pantai Ngobaran.

Pantai Ngobaran juga memiliki pantai pasir putih. Meski tidak terlalu luas, wisatawan tetap bisa bermain di sana. Jika ingin menikmati pantai pasir putih yang lebih luas, wisatawan bisa mengunjungi Pantai Nguyahan yang terletak tepat di sebelah barat Pantai Ngobaran.



Close Ads X