Mengintip Kamar Bung Karno di Hotel Grand Inna Bali...

Kompas.com - 17/03/2019, 19:02 WIB
Kamar yang pernah ditempati Bung Karno di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali. Kompas.com/SHERLY PUSPITAKamar yang pernah ditempati Bung Karno di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali.

 KOMPAS.com – Pintu utama menuju kamar di ujung lantai 7 Hotel Grand Inna Bali Beach tersebut tampak begitu megah. Ukiran yang didominasi warna emas menghiasi sejumlah sudut pintu kayu besar tersebut. Ketika dibuka, terlihat  tangga melingkar beralas karpet dengan motif-motif yang begitu indah.

Di sisi kiri tangga ada sebuah ruangan yang cukup luas. Di sana terdapat sejumlah sofa dan berbagai perabotan khas ruang tamu yang dihiasi dengan ukiran-ukiran yang cantik.

Di sisi kanan tangga merupakan dapur khusus yang dirancang menghadap ke Pantai Sanur, Denpasar, Bali.

Kemudian Kompas.com berjalan menaiki tangga. Di sisi kiri tangga terdapat lukisan besar yang tertempel pada tembok. Warna-warna yang ditampilkan dominan merah dan emas sehingga kesan mewah langsung terasa saat melihatnya.

Ruang tamu kamar yang pernah ditempati Bung Karno di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Ruang tamu kamar yang pernah ditempati Bung Karno di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali.
Sesampainya di atas, aroma dupa khas Bali begitu kuat. Ada beberapa ruangan di lantai atas. Salah satunya adalah sebuah kamar besar. Terdapat kamar tidur berukuran cukup besar terbuat dari kayu dan dilengkapi dengan kelambu berarna putih.

“Ini kamar yang pernah ditempati Bung Karno. Kondisinya masih mirip, hanya saja kamar ini sudah direnovasi karena hotel ini pernah terbakar pada tahun 1993. Setelah direnovasi, Ibu Megawati, Bapak Susilo Bambang Yodhoyono juga pernah menginap di sini. Kemudian Bapak Joko Widodo juga pernah singgah di kamar ini pada tahun 2017,” jelas petugas hotel kepada Kompas.com.

Kamar ini memiliki jendela kaca yang berukuran besar yang langsung menghadap ke pantai. Dari jendela itu kami juga dapat menyaksikan patung Garuda Wisu Kencana (GWK) yang begitu megah.

Perabotan di ruangan ini kebanyakan terbuat dari kayu yang diukir dan dibentuk dengan gaya tempo dulu.

Kamar yang pernah ditempati Bung Karno di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Kamar yang pernah ditempati Bung Karno di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali.
Tak hanya kamar utama, di ruangan ini juga terdapat kamar lain yang berukuran lebih kecil dan ruang-ruang pertemuan.

Menurut petugas hotel, kamar ini masih disewakan dengan harga Rp 35 juta per malam.

“Jadi tidak harus pejabat negara ya, bagi yang membutuhkan kamar ini dan mampu membayar dengan harga tersebut diperbolehkan,” kata dia.

Hotel bintang  5 pertama

Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero), Iswandi Said mengatakan, Grand Inna Bali Beach ini didirikan pada tahun 1963 oleh Presiden Pertama RI, Soekarno.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X