4 Keunikan yang Bisa Ditemui di Pantai Ngobaran, Gunungkidul

Kompas.com - 18/03/2019, 14:21 WIB
Pantai Ngobaran, Gunungkidul, Yogyakarta. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaPantai Ngobaran, Gunungkidul, Yogyakarta.

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com – Deretan pantai-pantai di pesisir selatan Gunungkidul tidak hanya menawarkan pesona keindahan alam. Ada pula pantai-pantai dengan keunikan yang berbeda dengan lainnya.

Salah satu pantai yang unik di Gunungkidul adalah Ngobaran. Terletak di Dusun Gebang, Desa Kanigoro, Kecamata Saptosari, pantai ini menyimpan keunikan yang spesial.

Baca juga: Pantai Ngobaran, Sepotong Bali di Selatan Gunungkidul

Berikut ini 4 keunikan yang bisa ditemui di Pantai Ngobaran, Gunungkidul:

1. Pura, Candi dan Arca

Keunikan yang menjadi ciri khas Pantai Ngobaran adalah adanya pura dan Arca. Keberadaannya membuat sekilas Pantai Ngobaran memiliki suasana khas yang mirip dengan Pulau Bali.

Pura Segara Wukir di Pantai Ngobaran, Gunungkidul, Yogyakarta.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pura Segara Wukir di Pantai Ngobaran, Gunungkidul, Yogyakarta.

Pura paling besar adalah Pura Segara Wukir. Tak hanya sekadar ornamen, pura ini juga masih berfungsi sebagai tempat ibadah umar Hindu. Upacara keagamaan seperti Melasti juga diadakan di sini menjelang Hari Raya Nyepi.

Baca juga: Gunungkidul Punya Taman Bunga di Dekat Pantai

Sementara itu, arca-arca berderet di sebelah barat pura. Biasanya arca ini menjadi latar belakang foto para wisatawan. Ada pula bangunan seperti candi yang ada di antara pura dan arca. Candi ini bukanlah tempat ibadah umat Hindu, melainkan milik Keraton Yogyakarta.

2. Masjid dengan mimbar menghadap ke selatan

Tempat ibadah di Pantai Ngobaran tidak hanya pura. Ada pula masjid yang terletak di dekat pura. Namun satu hal yang unik adalah mimbar masjid menghadap lautan atau selatan. Biasanya mimbar masjid menghadap barat atau arah kiblat.

Masjid di Pantai Ngobaran dengan Mimbar Mengahdap Selatan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Masjid di Pantai Ngobaran dengan Mimbar Mengahdap Selatan.

Selain itu, lantai masjid tidaklah ubin seperti masjid-masjid lainnya. Lantai masjid di Pantai Ngobaran berupa pasir putih. Pengunjung bisa shalat di masjid ini, tetapi hendaknya membawa alas agar nyaman, terutama ketika bersujud.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X