Kompas.com - 18/03/2019, 17:47 WIB
Pertunjukan Tari Gandrung di MATTA Fair 2019 Kuala Lumpur, Sabtu (16/3/2019). 
Dok. Humas Kementerian PariwisataPertunjukan Tari Gandrung di MATTA Fair 2019 Kuala Lumpur, Sabtu (16/3/2019).


KOMPAS.com
- Bumi Blambangan Banyuwangi, kembali menunjukkan taringnya. Salah satu wilayah yang berada di pucuk timur Pulau Jawa itu sukses menggetarkan MATTA Fair 2019 di Kuala Lumpur melalui Tari Gandrung, Sabtu (16/3/2019).

Ya, setelah tampil menghiasi bus-bus di Amerika Serikat, Rusia dan Berlin, Tari Gandrung Banyuwangi kembali beraksi di MATTA Fair 2019.

Lokasi pertunjukan tari tersebut pun sangat strategis. Posisinya ada di Hall 1M Putra World Trade Center, Kuala Lumpur. Sangat berdekatan dengan booth papan atas negara asia, seperti Taiwan, Korea, Jepang, Thailand dan Tiongkok.

Hasilnya? Tari Gandrung Banyuwangi langsung banjir pujian. Director General of Tourism Malaysia Datuk Musa Yusof memberi emoji tiga jempol untuk tarian khas daerah berjuluk Sunrise of Java itu.

Show yang sangat berkelas. Salut untuk Banyuwangi,” ucap Datuk Musa Yusof dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (18/3/2019).

Hal senada diungkapkan pula oleh President of MATTA Datuk Tan Kok Liang. Menurutnya Tari Gandrung dapat menarik wisatawan asal Malaysia untuk singgah ke Banyuwangi.

“Bagus. Sangat bagus. Saya kira traveller Malaysia harus datang ke Banyuwangi untuk melihat dari dekat Tari Gandrung,” timpal Datuk Tan Kok Liang . 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di MATTA Fair 2019, penampilan Gandrung Banyuwangi memang sangat berkelas. Suguhannya tak kalah dengan penampilan sebelumnya di Remarkable Indonesia Fair yang dihadiri oleh 2.000 pengusaha dan masyarakat Chicago, Kentucky, Illinois, dan Minnesota, Amerika Serikat (AS).

Berkat aksi para penari selama 15 menit tersebut, semua audience dari berbagai negara dibuat senyap. Sebagian ada yang sibuk foto. Sebagian lagi terlihat megabadikannya ke dalam format video.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, penampilan Tari Gandrung di Malaysia adalah kehormatan dan kebanggaan bagi Banyuwangi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X