Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tempat Terbaik untuk Menyaksikan Musim Tulip di Belanda

Kompas.com - 21/03/2019, 14:09 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Negara Belanda memang terkenal akan bunga tulip. Bunga dengan aneka warna nan cerah itu telah menjadi ikon Belanda sejak lama yang menjadikannya mendapat julukan Negeri Tulip.

Tentu mekarnya bunga tulip menjadi satu momen yang dinanti-nanti para wisatawan dunia yang akan berkunjung ke Belanda. Musim tulip di Belanda pun tidak lama lagi, yakni pertengahan April hingga awal Bulan Mei.

Jika memang mempunyai rencana melihat tulip yang bermekaran tahun ini, maka belum terlambat untuk mewujudkannya. Berikut ini 5 tempat terbaik melihat tulip di Belanda:

1. Taman Keukenhof

Musim semi di Belanda identik dengan Taman Keukenhof. Padang bunga tulip terhampar luas di sini. Ada lebih dari 6 juta umbi tulip yang ditanam di sini setiap tahunnya. Meski di Belanda, lanskap taman bergaya Inggris menambah pesona keindahannya.

Aneka warna Bunga Tulip di Taman Keukenhof, Belanda.SHUTTERSTOCK Aneka warna Bunga Tulip di Taman Keukenhof, Belanda.

Selain itu, Taman Keukenhof juga menyelenggarakan berbagai acara sepanjang musim. Salah satunya adalah parade bunga tahunan yang rencananya akan diadakan tanggal 13 April 2019 nanti. Acara ini selalu mampu menarik banyak kunjungan wisatawan.

2. Amsterdam

Amsterdam juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat langsung bunga tulip. Bunga ini bisa dengan mudah ditemukan di seluruh kota. Hal itu berkat banyaknya acara dan kegiatan musim semi yang digelar di sekitar Amsterdam.

Taman Bunga Tulip di Kota Amsterdam.Shutterstock Taman Bunga Tulip di Kota Amsterdam.

Kota dinamis ini semakin meriah dengan adanya pasar bunga terapung dan berbagai atraksi bernuansa bunga. Ada pula festival tulip yang membuat Kota Amsterdam semakin penuh dengan warna-warni tulip.

3. Noordoostpolder

Wilayah ini dulunya merupakan lautan. Sekitar pertengahan abad ke-20, Noordoostpolder mulai muncul dari reklamasi Teluk Zuiderzee. Kini daratan besar itu ditutupi oleh ladang bunga yang menjadikannya salah satu tempat terbaik di Belanda ketika musim tulip.

Padang Bunga Tulip di Noordoostpolder, Belanda.Shutterstock Padang Bunga Tulip di Noordoostpolder, Belanda.

Ada banyak tur berpemandu yang disuguhkan oleh banyak peternakan di Noordoostpolder. Seluruh wilayah ini juga paling pas untuk kegiatan bersepeda sembari memandang keindahan warna-warni bunga tulip.

4. Lisse

Lisse menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan tulip karena kota ini dikelilingi oleh begitu banyak ladang tulip. Sebagian besar bunga itu ditanam untuk dipasarkan secara internasional.

Padang Bunga Tulip di Dekat Lisse, BelandaShutterstock Padang Bunga Tulip di Dekat Lisse, Belanda

Ladang aneka warna yang begitu indah ini pun bisa dengan mudah dikunjungi. Lokasinya sangat mudah dijangkau dan paling pas untuk kegiatan bersepeda. Lisse juga memiliki ikatan sejarah yang kental dengan budaya bunga.

5. Noordwijkerhout

Tanah subur di antara Kota Leiden dan Haarlem ini terkenal akan ladang tulip yang luas. Noordwijkerhout juga dikenal karena memiliki bentang alam yang begitu indah, selain pesona bunga tulip-nya.

Hamparan Bunga Tulip di Noordwijkerhout, Belanda.Shutterstock Hamparan Bunga Tulip di Noordwijkerhout, Belanda.

Bersepeda menyusuri wilayah ini menjadi satu aktivitas terbaik untuk dilakukan. Panorama wilayah perdesaan, bukit pasir, dan garis pantai yang indah akan menghiasi pandangan mata ketika menjelajah wilayah Noordwijkerhout ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com