Disebut Jokowi Mirip Tsukiji, Begini Wajah Baru Pasar Ikan Muara Baru

Kompas.com - 22/03/2019, 12:10 WIB
Tampak depan Gedung PIM Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis (21/3/2019). Kompas.com/SHERLY PUSPITATampak depan Gedung PIM Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis (21/3/2019).

KOMPAS.com – “Pasar Ikan Modern Muara Baru Jakarta." Demikian tulisan yang tercantum di bagian atas gedung megah dengan cat warna abu-abu di kawasan Jakarta Utara tersebut.

Pintu utama gedung terbuat dari kaca yang dilengkapi dengan sensor sehingga dapat terbuka dan tertutup secara otomatis. Sekitar pukul 17.00 WIB, kondisi di dalam gedung cukup ramai.

Bagian dalam gedung dibagi dalam puluhan blok. Setiap blok berisi hasil laut yang masih tampak segar.

Baca juga: Mengenal Tsukiji, Pasar Ikan di Jepang yang Disebut Jokowi Mirip PIM Muara Baru

Para pedagang tampak hilir mudik mengangkut hasil laut dagangannya untuk ditata dalam boks-boks berisi es yang diletakkan di dalam blok masing-masing.

Blok-blok pedagang berada lebih tinggi dari lorong yang biasa dilintasi para pembeli. Blok pedagang juga dikelilingi dengan saluran air agar lorong yang dilintasi pembeli tak tergenang air.

Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis (21/3/2019).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis (21/3/2019).

Tak hanya pedagang, para petugas kebersihan juga terus berkeliling untuk memastikan air tak menggenangi lorong pembeli.

“Kalau di pasar modern ini memang harus selalu bersih. Tapi kami masih mencoba untuk menyesuaikan dengan kondisi pasar baru. Kalau ada genangan air ya kami coba sapu agar tidak membasahi jalan untuk pembeli,” ujar salah satu pedagang bernama Haerudin saat ditemui Kompas.com, Kamis (21/3/2019).

Menurut Haerudin, Pasar Ikan Modern (PIM) buka setiap hari mulai pukul 17.00 WIB hingga tengah malam.

Tak hanya tempat untuk menjual ikan, PIM juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan penjual dan pembeli.

Tempat parkir yang luas

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X