Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Saya Penasaran, Katanya Pasar Ikan Muara Baru Mirip Tsukiji”

Kompas.com - 22/03/2019, 14:10 WIB
Sherly Puspita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pasar Ikan Modern Muara Baru baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (13/3/2019).

Dalam sambutannya, Jokowi menyebut pasar yang terletak di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara tersebut dapat membalikkan persepsi masyarakat tentang pasar ikan selama ini.

Bahkan melalui akun Instagram pribadinya, Jokowi menyebut Indonesia telah memiliki pasar ikan yang bersih seperti Tsukiji yang ada di Jepang.

“Sudah lama saya ingin Indonesia punya pasar ikan besar dan modern seperti pasar ikan Tsukiji di Jepang – yang nyaman, tidak kotor, tidak becek, dan bau. Pada bulan Juli 2016, saya meminta Bu Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan, untuk mewujudkannya,” ujar Jokowi dalam unggahannya hari ini, Kamis (14/3/2019).

Baca juga: Mengenal Tsukiji, Pasar Ikan di Jepang yang Disebut Jokowi Mirip PIM Muara Baru

Pada Kamis (21/3/2019) Kompas.com berkesempatan mengunjungi PIM. Pasar ini buka pada pukul 17.00 WIB hingga tengah malam.

Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis (21/3/2019).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis (21/3/2019).

Sore itu kondisi pasar cukup ramai. Para pedagang ikan mulai menyiapkan dagangannya, menata berbagai hasil laut ke boks-boks di blok berdagang masing-masing, dan mulai menawarkan dagangannya kepada para pengunjang.

Pengunjung pun tampak memenuhi pasar ini. Mereka berkeliling pasar dan mulai memilih hasil laut yang akan dibeli. Namun ternyata tak semua pengunjung hanya bertujuan membeli ikan.

Agung misalnya, warga Tangerang ini datang ke PIM Muara Baru bersama anak dan istrinya dan menyaksikan aktivitas pasar di lantai dua gedung.

“Saya penasaran aja, katanya (Pasar Ikan) Muara Baru kayak Tsukiji. Saya bawa anak biar tau juga pasar ikan modern itu seperti apa. Nanti mau makan ikan juga rencananya,” kata dia.

Baca juga: Tempat Wisata Pasar Ikan Tsukiji di Jepang Pindah Lokasi...

Tak hanya keluarga Agung, sejumlah pengunjung juga tampak memegang ponsel dan mulai mengabadikan suasana pasar.

“Buat diposting nanti (foto PIM),” ujar seorang pengunjung bernama Banu.

Pasar ikan modern ini memang tak seperti pasar ikan pada umumnya. Para pedagang menjajakan hasil laut di dalam sebuah gedung dengan sirkulasi udara yang baik. Sehingga bau amis dan tanah becek tak akan Anda temukan di sini.

Di sini Anda juga dapat melihat-lihat beragam hasil laut berukuran besar dan segar. Jika Anda tak sempat memasak ikan yang Anda beli, Anda dapat membawanya ke food court pasar dan meminta pedagang memasak untuk Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com