Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2019, 09:20 WIB
Sherly Puspita,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

 KOMPAS.com – Calender of Event (CoE) 2019 Aceh diluncurkan hari ini, Jumat (22/3/2019). Berbagai festival budaya, alam, hingga keanekaragaman kuliner dan kopi Aceh akan digelar sepanjang tahun ini.

Acara peluncuran CoE 2019 Aceh ini digelar di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata dan dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Plt (Pelaksana Tugas) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Baca juga: Tahun 2019 Aceh Targetkan 150.000 Wisman

Terdapat 100 event yang akan digelar di Aceh sepanjang tahun ini.

“Event yang akan kami gelar berbasis daya tarik budaya, alam, dan buatan manusia atau man made. Kami akan tampilkan beragam budaya, kami punya kopi gayo, dankeindahan alam yang patut menjadi destinasi wisata,” ujar Nova saat menyampaikan sambutannya.

Delegasi Aceh untuk promosi Kopi Gayo di World of Coffee Expo di Budapest, Hungaria.KOMPAS.com/IWAN BAHAGIA Delegasi Aceh untuk promosi Kopi Gayo di World of Coffee Expo di Budapest, Hungaria.
Menurut Nova, 100 event yang akan digelar selama tahu 2019 itu dikemas dalam tema “Aceh Hebat Melalui Ragam Pesona Wisata”.

Ia menambahkan, di antara 100 event tersebut, ada tiga event yang masuk dalam CoE Nasional. Tiga event tersebut diantaranya Aceh Culinary Festival yang akan digelar pada 5 hingga 7 Juni 2019, Saman Gayo Festival yang akan digelar pada 18 hingga 19 Agustus, dan Aceh International Diving Festival di Pulau Weh yang akan digelar pada 6 hingga 7 Oktober 2019.

Menanggapi hal ini, Menpar berharap pemerintah Aceh terus mempertahankan agenda-agenda wisata menarik yang telah masuk dalam CoE nasional ini.

“Ada berbagai syarat sebuah event masuk dalam CoE nasional. Salah satunya adalah konsistensi. Acara itu paling tidak harus dilaksanakan tiga tahun berturut-turut dan waktunya juga konsisten. Saya berharap Aceh konsisten menggelar acara-acara yang masuk dalam CoE nasional ini,” ujar Arief Yahya.

Para pelatih penari Tari Saman Massal 10001 Penari di Gayo Lues, Minggu (13/8/2017).  KOMPAS.com/IWAN BAHAGIA Para pelatih penari Tari Saman Massal 10001 Penari di Gayo Lues, Minggu (13/8/2017).
Dalam sambutannya, Menpar mengingatkan kepada pemerintah Aceh untuk selalu menjaga kualitas pariwisata daerah. Pasalnya saat ini pariwisata Aceh tengah bertransformasi menjadi destinasi pariwisata halal kelas dunia atau World Best Halal Destination.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com