Kompas.com - 23/03/2019, 14:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Nama Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru belakangan tengah tersohor. Presiden Joko Widodo bahkan mempromosikan pasar ini melalui akun instagram pribadinya. Presiden menyebut PIM Muara Baru mirip Tsukiji Fish Market yang ada di Jepang.

Tak seperti pasar ikan pada umumnya, PIM Muara Baru memiliki fasilitas yang menunjang kenyamanan pedagang dan pembeli dalam bertransaksi jual beli.

Tak hanya pasar, di PIM Muara Baru juga tersedia fasilitas pendukung seperti are parkir yang luas, ruko souvenir, hingga food court yang melayani jasa memasak ikan segar yang dibeli para pengunjung.

Meski PIM Muara Baru telah memiliki fasilitas yang lengkap, ada berbagai hal yang harus Anda perhatikan agar kegiatan belanja sambil wisata Anda semakin nyaman. Berikut KompasTravel merangkumnya untuk Anda.

Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis (21/3/2019).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis (21/3/2019).
1. Waktu terbaik

PIM Muara Baru buka dari pukul 17.00 WIB sampai tengah malam. Namun biasanya para pedagang sudah mulai menyiapkan dagangannya sejak pukul 15.00 WIB.

Jika ingin berkeliling pasar lebih nyaman, KompasTravel sarankan Anda datang tak terlalu malam. Pukul 19.00 WIB merupakan puncak ramainya pengunjung. Jika datang lebih awal, Anda akan lebih leluasa berkeliling memilih ikan yang hendak Anda beli.

Selain itu, jika Anda datang terlalu malam, jalan di sekitar pedagang sudah mulai digenangi air akibat es untuk merendam ikan yang mulai mencair. Meskipun tak sebecek di pasar tradisional, genangan air tersebut akan membuat perjalanan Anda tak nyaman

2. Pakaian yang nyaman

Saat berkunjung ke PIM Muara Baru, pastikan Anda menggunakan pakaian yang berbahan nyaman.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.