Tanggapan Menpar tentang Rencana Bandara Kualanamu jadi Hub Penerbangan di Asia Tenggara

Kompas.com - 23/03/2019, 19:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku setuju dengan gagasan penguatan bandara nasional sebagai hub penerbangan Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara.

Hal ini disampaikan Menpar menanggapi langkah Garuda Indonesia mendukung Bandara Internasional Kualanamu di Medan sebagai hub penerbangan antara wilayah barat Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara.

“Setuju sekali itu, sangat setuju. Misalkan Kualanamu dari barat dijadikan hub, kami setuju. Sebelah utara Manado kita jadikan hub di sana sangat setuju dan sangat mendukung. Jadi kalau itu bisa terjadi itu sangat bagus. Kualanamu di barat , utara Manado, Timur Bali lah, selain Jakarta tentunya, karena kalau capital city itu pasti akan jadi hub,” ujar Arief di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Menpar menilai, untuk mewujudkan hal tersebut, harus dilakukan langkah-langkah penguatan. Menurutnya, salah satu faktor yang perlu diperkuat adalah maskapai penerbangan nasional.

“Tentu harus kita mulai dengan national air carrier dulu. Kita membuat penerbangan sebanyak mungkin di sana, yang paling mudah mungkin menjadikan kalau dia lebih dari satu terminal, salah satunya LCCT (low cost carriet terminal). Karena dengan LCC biayanya akan separuhnya,” kata dia.

Sejumlah penumpang menunggu jadwal penerbangan di Bandara Ngurah Rai, Bali, Jumat (29/6). Berdasarkan hasil rapat evaluasi dampak erupsi Gunung Agung dengan pertimbangan ruang udara bandara bahwa sudah tidak terdapat Sebaran VA dan arah angin cenderung dari arah timur ke barat laut  maka Bandara Ngurah Rai mulai dibuka pada Jumat (29/6) pukul 14.30 Wita. ANTARA FOTO/Wira Suryantala/pras/18.ANTARA FOTO/Wira Suryantala Sejumlah penumpang menunggu jadwal penerbangan di Bandara Ngurah Rai, Bali, Jumat (29/6). Berdasarkan hasil rapat evaluasi dampak erupsi Gunung Agung dengan pertimbangan ruang udara bandara bahwa sudah tidak terdapat Sebaran VA dan arah angin cenderung dari arah timur ke barat laut maka Bandara Ngurah Rai mulai dibuka pada Jumat (29/6) pukul 14.30 Wita. ANTARA FOTO/Wira Suryantala/pras/18.
Bandara nasional jadi pasar yang baik

Sebelumnya, Garuda Indonesia menyatakan komitmennya untuk memperkuat pengembangan Bandara Internasional Kualanamu Medan sebagai hub penerbangan domestik wilayah Barat dan wilayah Asia Tenggara.

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara menyebutkan, posisi Medan semakin diuntungkan karena dekat dengan Singapura dan Kuala Lumpur yang tercatat sebagai pusat perekonomia di Asia Tenggara.

"Tentunya perlu dukungan semua pihak agar Kualanamu menjadi pintu masuk wisatawan asing ke Indonesia barat atau wilayah Indonesia lainnya. Kualanamu harus menjadi hub yang penting untuk mengimbangi bandara Singapura dan Kuala Lumpur". jelas Ari.

Potensi pasar yang terbuka luas tersebut, turut didukung dengan rencana pengembangan infrastruktur dan kapasitas bandara yang terus ditingkatkan oleh AP II, dimana pada tahun 2027 mendatang Bandara Internasional Kualanamu diproyeksikan dapat menampung lebih dari 47 juta penumpang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.