Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disparekraf NTT Luncurkan Perpustakaan Digital Pariwisata

Kompas.com - 25/03/2019, 08:11 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) meluncurkan perpustakaan digital pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT Wayan Darmawa, mengatakan, selain perpustakan digital pariwisata, pihaknya juga meluncurkan pusat pariwisata dan kerajinan.

Perpustakaan digital pariwisata yang sudah diluncurkan ini kata Wayan, didukung oleh anak-anak muda Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT.

Baca juga: Berkunjung ke Sentra Tenun Sulam Rana Tonjong di Flores Barat

Anak-anak muda itu, lanjut Wayan, diberi tugas khusus sebagai tim media digital dan mencari jejak-jejak keunikan NTT yang belum terungkap untuk dipromosikan.

"Buku atau informasi wisata direkam dalam bentuk file elektronik summary-nya, sehingga kalau mau lengkap bisa 'kopi darat' di perpustakaan dinas demikian juga souvenir dan sebagainya," ucap Wayan kepada Kompas.com, Minggu (24/3/2019).

Baca juga: Perempuan Flores Merawat Tenun sebagai Warisan Budaya

Wayan pun memahami bahwa, banyak masyarakat dan owner of development di NTT, berinovasi dan berproduksi, tetapi harus ada yang menyimpan yang bisa menjadi bagian dari sejarah NTT. "Untuk itu perpustakaan digital pariwisata jawabannya," kata Wayan.

Tenun Flores, NTT.KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Tenun Flores, NTT.
Perpustakaan digital, lanjut Wayan, akan memudahkan wisatawan atau masyarakat memperoleh informasi terkait litetasi destinasi.

Adanya informasi yang lengkap antara visual, literasi dan lainnya diharapkan dapat memenuhi harapan informasi lebih cepat, akurat dan komprehensif.

"Sehingga pariwisata sebagai ekspektasi imajinasi sebagaimana yang disampaikan bapak Gubernur NTT dapat terpenuhi. Dengan perputakaan digital akan ada kepastian sumber infomasi, sehingga lebih efisien dan efektif," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com