4 Barang yang Dapat Dibawa agar Hemat Plastik saat Traveling

Kompas.com - 25/03/2019, 10:12 WIB
Ilustrasi tumbler KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYAIlustrasi tumbler

KOMPAS.com – Dalam sebuah kesempatan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebutkan, Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia yang dibuang ke laut.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun dimana sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut .

Menurut sumber yang sama, kantong plastik yang terbuang ke lingkungan sebanyak 10 miliar lembar per tahun atau sebanyak 85.000 ton kantong plastik.

Baca juga: Begini Cara Bandara Ngurah Rai Perangi Kantong Plastik Wisatawan

Sampah plastik yang masuk ke laut dapat terbelah menjadi partikel-partikel kecil yang disebut microplastics dengan ukuran 0,3-5 milimeter. Microplastics ini sangat mudah dikonsumsi oleh hewan-hewan laut.

Namun kebutuhan akan plastik ini menjadi sulit terhindarkan apalagi saat kita sedang melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru atau traveling.

Baca juga: Liburan ke Bali, Jangan Kaget Toko-toko Tak Sediakan Kantong Plastik

Berikut ini Kompas.com merangkum beberapa barang yang dapat Anda bawa saat traveling untuk mengurangi penggunaan plastik.

Karakter Android ciptaan sendiri di Taman Android bisa dicetak ke tumbler yang dapat dibawa pulang oleh pengunjungOik Yusuf/ KOMPAS.com Karakter Android ciptaan sendiri di Taman Android bisa dicetak ke tumbler yang dapat dibawa pulang oleh pengunjung
1. Tumbler

Botol tumbler merupakan botol minuman yang dapat Anda gunakan berkali-kali. Saat ini Anda akan sangat mudah menemukan toko online maupun offline yang menjual tumbler beragam bentuk dan warna.

Selain dapat menghemat pengeluaran Anda untuk membeli minuman kemasan saat liburan, membawa tumbler juga dapat menekan angka penggunaan botol plastik kemasan.

Ajakan penggunaan tumbler ini kini kerap dikampanyekan di sejumlah tempat wisata di Indonesia, termasuk Jakarta.

Stainless straw, inovasi baru buat menggantikan sedotan plastik sekali pakai yang berdampak buruk bagi lingkungan.SHUTTERSTOCK Stainless straw, inovasi baru buat menggantikan sedotan plastik sekali pakai yang berdampak buruk bagi lingkungan.

2. Sedotan Stainless Steel

Penggunaan sedotan sainless steel untuk mengganti penggunaan sedotan plastik semakin dikenal di Indonesia. Karena tak seperti sedotan plastik, sedotan stainless steel dapat digunaan berkali-kali.

Sedotan stainless steel dapat Anda beli di sejumlah toko online dengan harga cukup terjangkau. Anda juga dapat membeli berbagai bentuk alat bantu untuk mencuci sedotan jenis ini.

Selain dapat menghemat penggunaan sedotan plastik, sedotan stainless steel juga lebih aman digunaan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X