Bangka Culture Wave Festival 2019 Digelar Awal April

Kompas.com - 26/03/2019, 13:15 WIB
Launching Bangka Cultural Wave Festival 2019 di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (25/3/2019). KOMPAS.com/SHERLY PUSPITALaunching Bangka Cultural Wave Festival 2019 di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (25/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com – Agenda tahunan Bangka Culture Wave Festival (BCWF) 2019 akan digelar pada 2-7 April 2019. Keunikan budaya multi-etnis masyarakat Bangka mulai dari Melayu, China, Belanda, Jawa, Arab, dan beragam suku bangsa di Tanah Air akan ditampilkan dalam acara ini.

Acara yang mengangkat tema “Home Coming” ini akan berlangsung di De’Locomotirf, Pantai Wisata Tonaci, Sungailiat, dan Bangka.

Pertunjukan musik hingga tari dari berbagai daerah di nusantara hingga mancanegara akan tersaji dalam acara ini yang ditampilkan dalam tujuh kegiatan utama yaitu Bangka Wave Carnival, Bangka Etnik Wave Performance Festival, Bangka Etnik Musik Festival, dan Bangka Art Wave.

Baca juga: Menemukan Ciri Khas Bangka di Pantai Penyusuk

Selain itu, akan digelar berbagai macam perlombaan, antara lain kompetisi barongsai, sport fance competition, lomba kreasi lagu daerah, kreasi tari tradisi, kreasi pasir pantai, lomba lukis untuk anak-anak, pemilihan Putri Lokomotif, lomba video vlog, fotografi, mahjong, dan catur Cina.

“Akan digelar juga workshop dan bazar, serta local performance seperti nganggung bersama tudong saji, kolaborasi live seni lukis dari beragam aliran, kolaborasi musik hingga tarian tradisional, dan Chinese Kolosal Theatrical dan live demo kuliner,” papar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Bangka Belitung Ferry Insani di kantor Kementerian Pariwisata, Senin (25/3/2019).

Menurut Ferry, BCWF 2019 ini digelar sebagai salah satu upaya meningkatan kunjungan wisatawan ke Pulau Bangka. Selain BCWF 2019 juga digelar Sungailiat Thriathlon di Bangka untuk menarik kunjungan wisatawan.

Rombongan peserta Sungailiat Triathlon Internasional aklimatisasi lokasi lomba di Pantai Tanjung Pesona, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.KOMPAS.COM/HERU DAHNUR Rombongan peserta Sungailiat Triathlon Internasional aklimatisasi lokasi lomba di Pantai Tanjung Pesona, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.
“Harapannya dengan diadakannya acara ini Bangka juga lebih dikenal seperti Belitung,” ujar Staf Ahli Bidang Multikultural, Esthy Reko Astuti saat memberikan sambutan mewakili Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Lokasi penyelenggaraan BCWF 2019 yang dekat dengan Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang juga diharapkan akan memudahkan akses wisatawan.

Tahun ini, panitia BCWF menargetkan kedatangan 5.000 wisatawan mancanegara dan 50.000 wisatawan nusantara.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X