Kompas.com - 29/03/2019, 09:08 WIB
Geliatkan destinasi wisata di Magetan,  ASIPA Jatim menggelar Exotic Sarangan yang mengeksplor Telaga Sarangan dan pertemukan puluhan pengelola destinasi wisata dengan agent travel. KOMPAS.com/SUKOCOGeliatkan destinasi wisata di Magetan, ASIPA Jatim menggelar Exotic Sarangan yang mengeksplor Telaga Sarangan dan pertemukan puluhan pengelola destinasi wisata dengan agent travel.


MAGETAN , KOMPAS.com - Puluhan pengelola tempat pariwisata dari seluruh Indonesia menghadiri kegiatan Exotic Sarangan yang digelar oleh Ajang Silaturahmi Pariwisata (ASIPA) Jawa Timur di destinasi wisata Sarangan, Kabupaten Magetan.

Ketua ASIPA Jatim, Isroni Hariyanto mengatakan, dalam bursa pariwisata yang digelar kali ini diikuti oleh 50 peserta dari pengelola pariwisata dan pihak perhotelan serta pengusaha kuliner.

"Kalau buyer-nya 200 lebih dari travel agent seluruh Indonesia, ada juga dari Papua dan dari Thailand," ujarnya ditemui di Pusat Oleh-oleh Putra Nirwana yang juga dijadikan sebagai lokasi kegiatan, Kamis (28/3/2019).

Baca juga: Melepas Lelah di Mojosemi Forest Park...

Melalui Exotic Sarangan selain mengangkat destinasi wisata Sarangan untuk lebih dikenal oleh para travel agent nasional, menurut Isroni, juga untuk mengangkat Sarangan agar lebih dikenal travel agent dari mancanegara.

Melalui Exotic Sarangan, ASIPA Jatim mengaku mempertemukan antara pegiat pariwisata dan travel agent sebagai ujung tombak penjualan destinasi wisata. "Di sini seller bisa mempromosikan destinasi wisata di daerah mereka kepada buyer dari travel agent," katanya.

Baca juga: Deg-degan Menyusuri Lereng Lawu di Mojosemi Forest Park

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemilik Hotel Putra Nirwana Sarangan, Sukimin mengatakan, ajang Exotic Sarangan mampu meningkatkan hunian di hotel miliknya. Sejumlah travel agent yang sebelumnya tidak mengetahui Telaga Sarangan telah melakukan pemesanan untuk membawa rombongan mengunjungi telaga ini.

"Ini baru pertama kali dilakukan di sini. Dampaknya cukup efektif karena yang hadir adalah pengelola tempat wisata dan travel agent yang langsung menjual destinasi wisata," katanya.

Ayu Krisna Dewi selaku Sales and Marketing Manager BMR yang menawarkan destinasi wisata penyelaman dan olah raga air di Benoa Bali mengaku kegiatan Exotic Sarangan selain mempertemukan pegiat pariwisata dan travel agent juga bisa menjadi ajang eksplorasi destinasi wisata baru di daerah lain.

"Saya juga baru tahu di Sarangan menawarkan pemandangan alam dan udara yang dingin seperti di Eropa. Sarangan layak dijual, tapi butuh promo lagi," ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X