Kompas.com - 29/03/2019, 11:07 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com – Buah durian tumbuh subur dan menjamur di berbagai wilayah di Indonesia. Ternyata berdasar hasil survei, buah durian menempati posisi pertama yang paling disukai warga Indonesia.

Direktur Jenderal Holtikultura Kementerian Pertanian, Suwandi, mengatakan, berdasar hasil survei dari ahli durian di tiga negara, ada beberapa buah durian yang menjadi favorit warganya. Survei yang dilakukan di tiga negara, yaitu Thailand, Malaysia dan Indonesia.

Dari hasil survei itu, minat durian yang paling dominan dikonsumsi saat ini yaitu durian montong, lalu durian Petruk, lalu durian Matahari, dan Musang King. Para ahli juga memprediksi durian apa saja yang bakal ngehits lima tahun mendatang.

Baca juga: Ke Bondowoso, Jangan Lupa Mampir ke Kampung Durian

“Berdasar survei, buah favorit itu durian. Durian itu ada di pasar kaki lima dan Supermarket. Harga mulai Rp 15.000 sampai Rp 200.000 per kilogram,” kata Suwandi, kepada Kompascom, Jumat (29/3/2019).

“Lima tahun ke depan, durian Musang King, durian Ochhe atau durian hitam, durian Pelangi dari Papua. Itu rasanya favorit. Itu kata ahli,” katanya.

Baca juga: Menilik Asal-usul Tradisi Borong Durian di Rumpin

Selain durian tersebut, ada durian juga yang sudah digemari masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia. Di Kalimantan misalnya, durian Lai, lalu ada durian Serumbut dari Kalbar yang warnanya kuning emas, biji kecil, dan kulit tebal.

Durian bawor, Featival Bazar Durian Bogor.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Durian bawor, Featival Bazar Durian Bogor.
Di Jawa Timur, ada durian merah dari Banyuwangi, lalu Durian Bawor dari Banyumas, Durian Simimang dar Banjarnegara, Durian Malika dari Semarang. Selain itu, di Sumatera ada durian madu racun, durian Bangau dari Solok.

“Rasanya top. Bahkan ada satu kilo harganya sudah di atas Rp 200.000,” katanya.

Baca juga: Pengunjung Membeludak, 5.000 Durian di Festival Lebak Langsung Ludes

Di beberapa wilayah, lanjut Suwandi, pohon durian berbuah rata-rata 60-100 buah tiap pohon. Namun di Solok, 1 pohon bisa sampai 600 buah. Selain itu, ada juga varietas durian yang besarnya galon, di mana beratnya mencapai 8 Kg.

Suwandi meminta masyarakat yang ingin menanam durian agar memilih benih unggul dengan harga jual yang tinggi. “Usul ditanam itu durian Matahari, Merah, Bawor, Lai, Madu Racun, pelangi. Jadi nanti harga mahal dan murah juga ada,” katanya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.