Dari Sukabumi sampai Flores, 5 Destinasi di Indonesia untuk "Road Trip"

Kompas.com - 29/03/2019, 14:08 WIB
Test drive Wuling Almaz dari Jakarta menuju Ciletuh, Sukabumi, 6-8 Maret 2019 wuling motorsTest drive Wuling Almaz dari Jakarta menuju Ciletuh, Sukabumi, 6-8 Maret 2019

JAKARTA, KOMPAS.com -  Road trip atau berkendara jarak jauh via darat bisa jadi alternatif untuk liburan. Selain lebih fleksibel, berwisata dengan mobil atau motor juga membuat wisatawan lebih dapat meresapi pemandangan dan budaya lokal.

Kabar gembiranya, Indonesia punya banyak pilihan destinasi yang cocok untuk road trip. Banyak daerah di Indonesia memiliki akses jalan yang baik, pemandangan indah, budaya yang menarik, dan penduduk yang ramah.

Baca juga: Tiket Pesawat Mahal, Mengapa Tidak Coba Road Trip?

Berikut lima destinasi pilihan KompasTravel untuk road trip:

1. Sukabumi, Jawa Barat

Destinasi road trip paling dekat dari Jakarta dan sangat layak dikunjungi adalah Sukabumi. Akses ke Sukabumi sejak 2018 sudah semakin mudah dengan adanya Tol Bocimi.

Sukabumi terbilang kabupaten yang punya wisata komplet. Terdiri dari wisata gunung, sungai, pantai, dan air terjun. Jika punya waktu liburan yang singkat, Geopark Ciletuh dapat menjadi pilihan. Total ada 32 titik wisata di sana, dengan akses jalan beraspal mulus, pemandangan yang indah, dan pilihan akomodasi yang beragam.

Suasana perkemahan di Pinggir Danau Laut Tawar, Takengon, Aceh Tengah, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. KOMPAS.com/IWAN BAHAGIA Suasana perkemahan di Pinggir Danau Laut Tawar, Takengon, Aceh Tengah, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh.

2. Aceh

Jika mencari destinasi wisata yang anti mainstream, berkunjunglah ke Aceh. Provinsi satu ini menyimpan kekayaan alam yang luar biasa. Aceh punya Taman Nasional Gunung Leuser yang terkenal dengan orang utan, Pulau Weh (Sabang) yang terkenal denagn wisata bahari, Danau Takengon yang terkenal dengan keindahan danau air tawar dan daerah penghasil kopi.

Akses jalan di Aceh terbilang baik dan sepi pengendara, sehingga membuat perjalanan road trip semakin menyenangkan.

Pengrajin menunjukkan motif kain tenun ikat kepada calon pembeli di Pasar Alok, Maumere, Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (31/7/2018). Di Pasar Alok, setiap Selasa mulai pukul 06.0013.00 Wita merupakan hari khusus bagi perajin seantero Kabupaten Sikka dan daerah lainnya untuk menjual kain tenun ikat hasil kerajinan tangan yang dibuat dengan mesin tenun tradisonal.ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR Pengrajin menunjukkan motif kain tenun ikat kepada calon pembeli di Pasar Alok, Maumere, Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (31/7/2018). Di Pasar Alok, setiap Selasa mulai pukul 06.0013.00 Wita merupakan hari khusus bagi perajin seantero Kabupaten Sikka dan daerah lainnya untuk menjual kain tenun ikat hasil kerajinan tangan yang dibuat dengan mesin tenun tradisonal.

3. Pulau Flores, NTT

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X