Kompas.com - 31/03/2019, 10:00 WIB


KOMPAS.com
– Sebagai daerah cross border, Kabupaten Sanggau diberkahi keindahan alam yang menawan sehingga bisa menarik wisatawan perbatasan. Salah satunya adalah sumber air panas bernama Sipatn Lotup.

Selain indah, objek wisata itu juga menyimpan berbagai kisah mistis dan bisa menyembuhkan penyakit. Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sanggau, Fransiskus Meron.

Menurutnya, cerita penemuan Air Panas Sipatn Lotup dimulai sejak 62 tahun lalu. Salah satu tokoh Desa Sape, Lukas Singku menceritakan, ketika itu kakeknya mencari ikan di sungai bersama anjing kesayangannya dan anjingnya menggonggong terus menerus.

Ternyata, ia mendapatkan seekor kijang yang telah mati, tetapi tidak ada luka sama sekali di badan kijang itu.

"Pernah juga ada rombongan pengunjung dari daerah Mengkiang. Mereka membawa salah satu orang yang sakit parah dan mendirikan pondok dan menginap selama tujuh hari tujuh malam di sekitar air panas. Ajaib orang tersebut sembuh,” terang Meron seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com, Minggu Sabtu (30/3/2019).

Dari dua kisah itu, lanjut Meron, masyarakat Sipatn Lotup berinisiatif untuk membersihkan kolam air panas. Tujuannya agar mereka yang berkunjung ke tempat itu lebih mudah dan nyaman.

“Kemudian cerita Air Sipatn Lotup bisa menyembuhkan penyakit menyebar luas. Dampaknya ketika hari libur Lebaran dan Natal banyak pengunjung dari berbagai desa dan kota di sekitar Sanggau berkunjung,” ulas Meron.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sanggau, Fransiskus Meron (memakai topi) saat membuka acara cross border di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong yang ada di Kabupaten Sanggau.Dok. Humas Kementerian Pariwisata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sanggau, Fransiskus Meron (memakai topi) saat membuka acara cross border di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong yang ada di Kabupaten Sanggau.
Sumber air panas Sipatn Lotup sangat unik. Karena, Kabupaten Sanggau tidak memiliki gunung berapi yang biasanya banyak mengandung sulphur atau belerang. Belerang biasanya menjadi salah satu unsur yang dapat menciptakan sumber air panas.

Seperti sumber Air Panas Sajau Kalimantan Timur, Air Panas Hantakan Kalimantan Selatan, Air Panas Seburuk di Kalimantan Barat dan Poring Hot Spring di Sabah Malaysia, sumber Air Panas Sipatn Lotup berasal dari mata air yang di panaskan oleh panas bumi (geothermal).

Temperaturnya sekitar 52-55 derajat Celsius. Kondisi air yang sangat jernih dan panas menjadikan Air Panas SIpatn Lotup cocok untuk dikembangkan menjadi tempat pemandian air panas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.