Kompas.com - 01/04/2019, 07:05 WIB
Taman Nara di Jepang yang terkenal dengan rusa-rusa yang berkeliaran bebas. Dok. CNN TravelTaman Nara di Jepang yang terkenal dengan rusa-rusa yang berkeliaran bebas.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Nara kian terkenal di kalangan wisatawan yang berkunjung Jepang. Lokasinya mudah digapai, hanya 45 menit berkendara dengan dari Kyoto.

Taman ini semakin dikenal karena kehadiran 1.000 ekor rusa yang berkeliaran bebas. Rusa-rusa di Taman Nara terkenal dapat menggerakan tubuh seperti membungkuk saat meminta makan kepada wisatawan.

Menariknya rusa-rusa ini dianggap suci dalam kepercayaan Shinto. Sejarah mencatat Taman Nara sebagai salahs atu taman tertua di Jepang yang dibangun pada 1880. Tadinya Taman Nara merupaan rumah dari klan Kofokuji, salah satu klan paling berpengaruh di Jepang.

Baca juga: Hati-hati, Ini Cara Beri Makan Rusa di Nara Park Jepang

Ada Kuil Todaiji yang berlokasi di taman, tercatat sebagai bangunan kayu terbesar yang masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Tak hanya itu, di Taman Nara juga terdapat Pagoda ke dua tertinggi di Jepang yang dibangun 1.000 tahun lalu dan National Treasure Museum.

Kehadiran rusa di Taman Nara diperkirakan sudah ada sejak sangat lama. Pada 1177, seorang bangsawan Kujo Kanezane mengunjungi area yang sekarang Taman Nara bersama keluarganya.

Taman Nara, Jepang.Dok. CNN Travel Taman Nara, Jepang.

Ia kemudian melihat rusa menghampiri seorang anak laki-laki, kemudian anak tersebut membungkuk seperti memberi hormat kepada rusa.

Pada 1189, Kanezane kembali lagi ke daerah tersebut untuk melihat pembangunan kuil. Lantas ia kembali dihampiri rusa. Reaksi Kanezane yang juga membuatnya bingung adalah membungkuk memberi hormat pada rusa. Sejak saat itu rusa dianggap sebagai tanda keberuntungan.

Pada 1.500an, ada ribuan rusa berkeliaran di kota. Bagi yang memburu rusa akan dikenakan hukuman mati. Meski peraturan belum pernah benar-benar dilaksanakan, pada 2010 ada seorang pria yang dipenjara 10 bulan karena membunuh rusa di Taman Nara.

Wisatawan memberi makan rusa di Nara Park Jepang.Visitnara.jp Wisatawan memberi makan rusa di Nara Park Jepang.

Sayangnya karena Taman Nara kian populer di kelangan wisatawan, membuat perubahan pada pola perilaku rusa. Dari yang tadinya jinak, rusa di Taman Nara dapat mengigit wisatawan saat diberi makan.

Pengelola Taman Nara memberi himbauan kepada wisatawan untuk tidak menahan makanan saat ingin diberikan ke rusa, tidak menggoda rusa, siapkan makanan dan berikan jika dihampiri rusa yang membungkuk.

Jika memang tidak ingin bermain dengan rusa, dapat memberi isyarat lamaian tangan. Sebab rusa di Taman Nara juga mengerti lambaian tangan adalah ucapan selamat tinggal.



Sumber CNN Travel
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X