KILAS

Kepulauan Riau Catat Kenaikan Jumlah Kunjungan Wisman

Kompas.com - 03/04/2019, 10:07 WIB
Warga berfoto dengan latar belakang pemandangan Jembatan Barelang di Batam, Kepulauan Riau, Minggu (8/2/2015). Jembatan ini merupakan satu dari enam jembatan yang dibangun untuk menghubungkan enam pulau di Batam, yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. KOMPAS.COM / RODERICK ADRIAN MOZESWarga berfoto dengan latar belakang pemandangan Jembatan Barelang di Batam, Kepulauan Riau, Minggu (8/2/2015). Jembatan ini merupakan satu dari enam jembatan yang dibangun untuk menghubungkan enam pulau di Batam, yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.

KOMPAS.com - Sebagai daerah cross border atau perbatasan, geliat pariwisata di Kepulauan Riau (Kepri) semakin terlihat dari waktu ke waktu. Jumlah wisatawan mancanegara ( wisman) pun terus mengalami peningkatan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri, kehadiran wisman di daerah tersebut di bulan Februari mencapai 231,397 kunjungan.

Kepala BPS Kepri, Ir. Zulkipli mengatakan, jumlah tersebut meningkat 23,93 persen dibanding Januari 2019 yang berjumlah 186,722 kunjungan. Adapun Jika dibanding dengan Februari 2018, angkanya meningkat 12,35 persen.

“Dari data kunjungan wisman pada Januari-Februari 2019, jumlah terbanyak berasal dari Singapura yakni sebesar 43,95 persen. Ini menjadi angka yang menggembirakan dan kemungkinan masih akan terus bertambah,” ujarnya, Senin (1/4/2019) di Kepri, seperti keterangan tertulis yang Kompas.con terima. 

Menurutnya, kenaikan jumlah kunjungan wisman tersebut diperoleh dari 4 pintu masuk yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Rincaiannya adalah sebagai berikut

Pertama di Kota Tanjungpinang yang naik 42,75 persen. Kedua, Kabupaten Karimun yang naik 32,12 persen. Ketiga Kota Batam naik 22,86 persen dan Kabupaten Bintan naik 21,36 persen.

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Boeralimar mengaku sangat mengapreasiasi kenaikan jumlah kunjungan wisman tersebut. Baginya, prestasi ini merupakan hasil kerja nyata seluruh stakeholder terkait yang telah bekerjasama meningkatkan kunjungan wisman ke Kepri.

“Target Kunjungan Kepri tahun 2019 masih jauh. Kami akan terus bekerjasama dengan stakeholder pariwisata di Kepri untuk terus menggenjot kunjungan wisman dengan mengadakan event-event bersekala Internasional,” jelasnya.

Dua wisman terlihat asyik menikmati salah satu tempat pariwisata yaang ada di kawasan Lagoi Bintan, Kepulauan Riau.KOMPAS.com/HADI MAULANA Dua wisman terlihat asyik menikmati salah satu tempat pariwisata yaang ada di kawasan Lagoi Bintan, Kepulauan Riau.
Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani mengatakan, secara geografis Kepri sangat diuntungkan karena berdekatan dengan negara tetangga, Singapura dan Malaysia.

Dengan jarak tempuh yang relatif cepat maka banyak wisatawan dari kedua negara tersebut yang bertandang ke Kepri. Bahkan, banyak pula turis dari negara lain yang berkunjung di Singapura, kemudian memperpanjang masa liburannya ke Batam.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X