Agar Tak Perlu Antre Pemeriksaan Imigrasi Setibanya di Amerika Serikat

Kompas.com - 05/04/2019, 12:03 WIB
Suasana di boarding lounge Terminal 3 Bandara Internasional Abu Dhabi di Uni Emirat Arab, Kamis (4/4/2019). Para penumpang Etihad Airways yang transit di bandara ini untuk ke Amerika Serikat akan melalui pemeriksaan imigrasi atau Custom and Border Protection (CBP) Facility sehingga setibanya di Amerika tidak lagi ada pemeriksaan imigrasi. KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTRASuasana di boarding lounge Terminal 3 Bandara Internasional Abu Dhabi di Uni Emirat Arab, Kamis (4/4/2019). Para penumpang Etihad Airways yang transit di bandara ini untuk ke Amerika Serikat akan melalui pemeriksaan imigrasi atau Custom and Border Protection (CBP) Facility sehingga setibanya di Amerika tidak lagi ada pemeriksaan imigrasi.

CHICAGO, KOMPAS.com - Bepergian ke benua lain sering kali menguras tenaga, terutama jika waktu tempuh perjalanan pesawat melebihi sepuluh jam. Salah satunya bila bepergian ke Amerika Serikat.

Selain lamanya perjalanan yang membuat lelah penumpang, sesampainya di bandara tujuan di Amerika Serikat juga mesti antre panjang untuk pemeriksaan imigrasi.

Pemeriksaan imigrasi tidak memiliki patokan waktu yang pasti karena masing-masing pelancong akan diperiksa secara detail oleh petugas, sehingga kesabaran lebih dibutuhkan setelah terbang belasan jam.

Namun, ternyata tidak semua pemeriksaan imigrasi dilakukan sesampainya di Amerika. Bila penumpang naik pesawat Etihad Airways, ada Custom and Border Protection (CBP) Facility yang disediakan ketika transit di Bandara Internasional Abu Dhabi di Uni Emirat Arab.

Kompas.com merasakan sendiri manfaat CBP Facility yang disediakan di sana. Para penumpang yang baru tiba di Bandara Abu Dhabi akan diarahkan ke gate masing-masing bagi yang memiliki penerbangan lanjutan, sesuai dengan tujuannya.

Baca juga: Pengalaman Menghadapi Musim Dingin Ekstrem di Amerika

Bagi penumpang ke Amerika, diarahkan untuk ke gate paling ujung di Terminal 3 Bandara Abu Dhabi untuk memasuki sebuah ruangan tempat CBP Facility beroperasi.

Di sana, layaknya pemeriksaan imigrasi pada umumnya, penumpang satu per satu berhadapan langsung dengan petugas imigrasi dari USA Homeland Security atau Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat.

Ada sekitar belasan petugas yang bersiaga untuk memeriksa dokumen perjalanan para penumpang yang hendak menuju Amerika. Jika petugas menyetujui perjalanan para penumpang, paspor akan langsung dicap dan dapat langsung menuju boarding lounge.

Etihad Airways.KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTRA Etihad Airways.
Mengutip dari laman resmi Etihad Airways, etihad.com, tertera bahwa Bandara Internasional Abu Dhabi merupakan satu-satunya bandara di luar Amerika Utara yang menyediakan CBP Facility.

Etihad juga menyebutkan, penumpang yang telah melewati pemeriksaan imigrasi akan dianggap seperti penumpang penerbangan domestik setiba di Amerika, alias tidak ada lagi pemeriksaan imigrasi.

Menurut Etihad, fasilitas tersebut sangat memangkas waktu bagi para penumpang, terutama yang masih memiliki penerbangan lanjutan sesampainya di negeri Paman Sam.

Apa yang dijelaskan Etihad ternyata memang benar adanya. Ketika Kompas.com tiba di Chicago, Illinois pada Kamis (4/4/2019) waktu setempat, tidak ada lagi antre untuk pemeriksaan imigrasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X