Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Belanja Murah di Malioboro Yogyakarta

Kompas.com - 05/04/2019, 13:16 WIB
Rifqi Aufal Sutisna,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.comMalioboro merupakan destinasi wisata paling populer jika berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Belum lengkap rasanya jika ke Yogyakarta jika tak mengunjungi Malioboro.

Di Malioboro, berbagai penjual oleh-oleh kota keraton berjejer di sepanjang jalan setapak. Beberapa barang seperti tas, baju, gelang, dan pernak-pernik lainnya memenuhi sisi jalan.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata di Sekitar Jalan Malioboro

Walaupun harga yang ditawarkan terbilang cukup terjangkau, Anda bisa membeli barang dengan lebih murah lagi. Berikut tipsnya.

1. Bandingkan Harga

Ketika Anda sudah berada di Malioboro dan bingung ingin membeli barang apa, Anda perlu menelusuri jalan itu.

Sambil memperhatikan lingkungan sekitar, Anda bisa bertanya kepada penjual soal harga barang tersebut. Kemudian, bandingkan dengan harga penjual lainnya.

Beli barang berharga paling miring dari beberapa penjual yang sudah Anda bandingkan. Dengan begitu, Anda akan merogoh kocek lebih sedikit.

2. Menawar

Jika sudah mendapat barang yang cocok, tak ada salahnya Anda menawar harga lebih murah dari yang ditawarkan.

Baca juga: Malioboro Coffee Night, Tersedia 26.200 Cangkir Kopi Gratis

Umumnya, para penjual di Malioboro akan melayani negosiasi yang Anda lakukan dengan keramahtamahan. Jangan sungkan untuk berbincang untuk memperoleh harga lebih rendah.

Kendati demikian, jangan lupa untuk bersikap sopan dan menghargai penjual tersebut. Hal ini berlaku di mana pun Anda belanja.

3. Beli Barang yang Dibutuhkan

Belanja barang-barang khas berharga miring seringkali membuat wisatawan ‘lupa diri’ sehingga membeli apapun yang diinginkan.

Baca juga: Malioboro di Mata Warga Lokal dan Wisatawan Mancanegara...

Ketika sudah terlanjur membeli, terkadang wisatawan menyesal telah mengeluarkan uang untuk barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Jalan Malioboro, Yogyakarta.KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Jalan Malioboro, Yogyakarta.
Menahan diri dari godaan itu penting dilakukan agar bujet yang dimiliki tidak terbuang percuma. Untuk menghindari pemborosan, pilih dan beli barang sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Tanya Kerabat dan Warga Setempat

Kerabat yang tinggal di Yogyakarta dan sekitarnya kemungkinan mengetahui harga pasaran  berbagai barang di Malioboro.

Jika tak memiliki rekan di sana, tak ada salahnya bertanya kepada warga setempat. Berkenalan dan berbincanglah dengan warga sekitar dan ketahui harga barang yang ingin Anda beli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com