Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Indonesia Luncurkan Fitur Layanan Virtual Reality Experience

Kompas.com - 05/04/2019, 18:03 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Garuda Indonesia meluncurkan fitur baru, dalam layanan Inflight Entertainment-nya. Fitur tersebut adalah Virtual Reality (VR) Experience, pertama di Asia Pasifik yang dihadirkan sebagai pilihan fasilitas hiburan di pesawat untuk penumpang kelas bisnis.

Fitur ini telah diperkenalkan sejak 26 Januari 2019 lalu. Penumpang masih mencoba virtual reality hingga akhir April 2019 dalam beberapa rute penerbangan.

"Melalui fasilitas VR ini pengguna jasa dapat menyaksikan ragam sajian film box office dalam penerbangan Garuda Indonesia dengan sensasi menonton dalam wide angle screen 180/360 derajat," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTravel, Kamis (4/4/2019).

Adapun fasilitas VR Experience ini menjadikan Garuda Indonesia satu-satunya maskapai di Asia Pasific yang telah mendapatkan approval safety regulations aturan penerbangan dunia.

"Garuda Indonesia terus memperluas periode trial fasilitas ini secara di beberapa rute penerbangan domestik dan Internasional pada periode seperti rute penerbangan Jakarta-Manado di periode Januari-Februari, rute Jakarta-Denpasar periode Februari-Maret, hingga rute Jakarta-Singapura untuk periode Maret 2019," kata Ari.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan fasilitas ini di Garuda Indonesia Executive Lounge di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Selama tiga bulan terakhir, melalui survei yang dilakukan mengenai kepuasaan pengguna jasa terhadap fitur layanan terbaru ini kepuasan mencapai 85 persen.

"Atas respon positif tersebut saat ini kami terus melakukan pengembangan dan pemuktakhiran teknologi VR Experience yang bekerjasama dengan Allosky-Skylights," tambah Ari.

Salah satu tahapan pengembangan teknologi yang kami kembangkan adalah melalui integrasi fitur Cabin Announcement di fitur VR Experience, sehingga nantinya pengguna jasa yang sedang menikmati fasilitas VR Experience juga dapat mendengarkan cabin announcement.

Fitur integrasi ini telah diperkenalkan pada penerbangan Haneda - Jakarta pada tanggal 28 Maret 2019 lalu.

Terakhir, Ari menambahkan, ke depannya Garuda Indonesia akan terus mengembangkan berbagai inovasi pengembangan teknologi in-flight entertaiment, seperti fasilitas relaxing seat massage yang nantinya akan menjadi fasilitas relaxing massage seat pertama di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com