Sehari Menjelajahi 3 Pulau di Kepulauan Seribu

Kompas.com - 05/04/2019, 20:06 WIB
Tugu kincir angin di Pulau Onrust, Kepulauan Seribu Rifqi Aufal SutisnaTugu kincir angin di Pulau Onrust, Kepulauan Seribu

JAKARTA, KOMPAS.com – Di balik hiruk-pikuk suasana metropolitan khas Ibu Kota, Jakarta juga memiliki destinasi wisata alam yang cocok dikunjungi bersama keluarga, kerabat, maupun pasangan.

Adalah Kepulauan Seribu yang menjadi primadona wisata pantai Jakarta. Wisatawan dapat mengunjungi beberapa pantai yang tersebar di wilayah itu.

Baca juga: 5 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Saat Menyelam di Kepulauan Seribu

Belakangan ini, banyak agen travel yang memiliki paket wisata one day trip untuk menjelajahi beberapa pulau dalam sehari dengan harga kurang dari Rp 150.000.

Paket tersebut sudah termasuk akomodasi menggunakan kapal nelayan, makan siang, dan juga jasa tour guide.

Selain itu, agen travel juga kerap menyediakan jasa dokumentasi menggunakan kamera profesional.

Di Pulau Onrust terdapat Taman Arkeologi Onrust yang memuat sisa runtuhan karantina haji tahun 1911, makam keramat Kartosoewiryo, dan Benda Cagar Budaya lainnya. 
KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI Di Pulau Onrust terdapat Taman Arkeologi Onrust yang memuat sisa runtuhan karantina haji tahun 1911, makam keramat Kartosoewiryo, dan Benda Cagar Budaya lainnya.
Berikut rekomendasi 3 pulau yang bisa dikunjungi wisatawan untuk menikmati pesona pantai Jakarta dalam sehari:

1. Pulau Onrust

Pulau ini terkenal dengan peninggalan sejarahnya yang melimpah. Di dalamnya, terdapat kerangka bangunan kuno, bekas sumur penduduk zaman dulu, dan makam tua kalangan bangsawan.

Tak luput juga bangunan bekas lapas atau penjara yang masih terlihat bagus dan terawat.

Baca juga: Melihat Monas di Kedalaman 15 Meter Laut Kepulauan Seribu

Tugu kincir angin bertulisan ‘Onrust’ menjadi ikon tempat ini. Kincir tersebut juga menjadi saksi bisu berjalannya bengkel kapal pada abad ke-17.

Pulau Onrust dijadikan sebagai cagar budaya oleh Gubernur Jakarta saat itu, Ali Sadikin pada tahun 1972.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X