Kompas.com - 06/04/2019, 09:15 WIB

KOMPAS.com - Mungkin banyak dari kita yang belum terlalu familiar dengan nama Oecusse (baca: Okusi). Oecusse adalah tempat dimana bangsa Portugis pertama mendarat di Pulau Timor yang saat ini menjadi sebuah Daerah Administrasi Khusus yang menjadi bagian dari negara Timor Leste.

Letak Oecusse cukup unik karena wilayahnya merupakan sebuah enclave yang terpisah dari bagian Timor Leste lainnya, sehingga jika kita berada di Dili, ibu kota Timor Leste, untuk mencapai Oecusse dengan jalur darat, harus melalui wilayah Indonesia.

Sebenarnya kita juga dapat menuju Oecusse dengan kapal feri dari Dili tanpa harus melalui wilayah daratan Indonesia.

Baca juga: Night Diving di Dili, Timor Leste, seperti Ini Sensasinya...

Saya ingin sedikit berbagi mengenai perjalanan saya dari Dili menuju Oecusse menggunakan jalur darat. Jarak Dili sampai Oecusse adalah sekitar 210 kilometer yang perjalanannya memakan waktu 5-6 jam, tergantung kecepatan dan kondisi cuaca.

Keindahan pemandangan jalur Dili-Batugade di Timor Leste dengan kondisi medan yang cukup menantang.FLO PATTIPEILOHY Keindahan pemandangan jalur Dili-Batugade di Timor Leste dengan kondisi medan yang cukup menantang.
Kota-kota mana saja yang akan dilalui? Dari Dili, kita mengarah ke barat menuju Tibar, Liquiça, Maubara, Loes, dan Batugade. Setelah Batugade, kita masuk wilayah Indonesia melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota’ain.

Baca juga: Festival Musik, Alat Promosi Wilayah Perbatasan Indonesia - Timor Leste

Dari Mota’ain terdapat 2 opsi, apakah langsung menuju PLBN Wini melalui Atapupu atau singgah di Atambua. Saya lebih memilih untuk istirahat sejenak di Atambua karena banyak pilihan tempat makan dan tempat untuk membeli bekal untuk perjalanan lebih lanjut.

Dari Atambua kita dapat langsung menuju PLBN Wini. Setelah melalui PLBN Wini, kita masuk kembali ke wilayah Timor Leste melalui Sakato, dan setengah jam kemudian sudah tiba di Pante Macassar, ibu kota Oecusse.

Baca juga: Meriah! Ratusan Pasangan Asal NTT dan Timor Leste Ikut Lomba Dansa

Bagaimana kondisi jalannya? Dari Dili hingga Batugade, kita akan menyusuri pantai utara Pulau Timor dengan pemandangan yang indah. Tebing di sisi selatan dan laut di sisi utara.

Pemandangan di PLBN Wini, NTT. FLO PATTIPEILOHY Pemandangan di PLBN Wini, NTT.
Karena berada di tepian tebing, jalanan dari Dili hingga Batugade rawan longsor, sehingga cukup berbahaya jika melalui jalan tersebut ketika hujan deras.

Terdapat beberapa segmen jalan yang sangat mulus, seperti dari Liquiça menuju Maubara, selebihnya kondisi jalan kurang baik karena masih dilakukan pembangunan jalan. Jika hujan, jalanan akan sangat berlumpur dan akan menyulitkan mobil-mobil berpenggerak 2 roda.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.