Aturan yang Harus Ditaati Saat Menginap di Hotel Kapsul

Kompas.com - 08/04/2019, 11:06 WIB
Penampakan kapsul di Whiz Capsule, Jakarta. Whiz CapsulePenampakan kapsul di Whiz Capsule, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada 2017 masyarakat Indonesia kehadiran hotel kapsul layaknya di Jepang. Sampai saat ini mulai banyak operator hotel yang memboyong konsep menginap di kapsul. Salah satunya adalah Inthiwiz Hospitality Management.

Setelah sukses dengan hotel kapsul di kawasan Trawas dan Bormo, Jawa Timur, kini Inthiwiz Hopsitality Management meluncurkan Whiz Capsule di kawasan Jakarta Pusat.

Untuk menginap di hotel kapsul, ada beberapa peraturan yang baiknya diketahui oleh wsiatawan. Mengingat hotel kapsul merupakan akomodasi yang terbilang masih baru dan berbeda dengan akomodasi lain di Indonesia.

"Ada beberapa peraturan untuk tamu yang menginap seperti jangan berisik dan makan atau minum minuman berwarna di dalam kapsul," kata Corporate Assistant Director of Sales, Ratih P. Eulalia saat pelucnuran Whiz Capsule, Kamis (5/4/2019).

Hotel kapsul secara garis besar memiliki konsep seperti hostel. Tamu menggunakan fasilitas seperti kamar mandi berbagai dan dalam satu ruangan terdapat banyak kapsul.

Untuk itu penting menjaga ketenangan ruangan agar tidak menggangu tamu lain yang bersitirahat. Terlebih kapsul tidaklah kedap suara. Jika ingin menonton televisi atau mendengar musik, operator hotel sudah menyediakan headset.

Selain itu, bahan kapsul yang terbuat dari plastik dan berwarna putih sangat rentan terkena noda berwarna.

Aturan lain yang tidak kalah penting adalah dilarang merokok di dalam kapsul. Setiap kapsul memiliki pendeteksi asap yang menyambung ke alarm kebakaran.

Whiz Capsule, hotel kapsul besutan Intiwhiz Hospitality Management dibuka di Jakarta. Whiz Capsule Whiz Capsule, hotel kapsul besutan Intiwhiz Hospitality Management dibuka di Jakarta.
Di Whiz Capsule aturan lainnya adalah jumlah maksimal tamu yang menginap dalam satu kapsul, yakni satu orang satu kapsul. Namun untuk yang membawa anak di bawah usia lima tahun masih diperbolehkan menginap dalam satu kapsul.

Satu kapsul berukuran 130-140 cm x 200 cm, dengan ketinggian satu meter, sehingga peraturan ini terbilang untuk kenyamanan tamu itu sendiri.

Lewat pengalaman KompasTravel menginap di Whiz Capsule, tamu juga harus menjaga kebersihan terutama untuk fasilitas bersama seperti kamar mandi.

Tamu yang menginap di hotel kapsul juga harus mengetahui barang apa saja yang boleh dibawa pulang atau tidak.

Di Whiz Capsule misalnya menyediakan handuk, selimut, dan headset yang tidak boleh dibawa pulang. Selain itu barang lain seperti sikat gigi dan sandal dapat dibawa pulang oleh tamu saat check out.

Ketahui pula rata-rata hotel kapsul tidak menyediakan sarapan bagi tamu. Namun tamu boleh membawa makanan dari luar dan menyantap di ruang yang telah disediakan.

Waktu check in dan check out juga terbilang penting. Di Whiz Capsule misalnya waktu check in mulai pukul 14.00 dan check out 12.00. Pembayaran biasanya diminta di muka atau lebih mudah jika melakukan reservasi lewat situs resmi dan agen perjalanan online.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X