Puas Ikut Marathon di Kota Springfield Sambil Mengenang Abraham Lincoln

Kompas.com - 08/04/2019, 14:18 WIB
Suasana Lincoln Presidential Half Marathon yang diselenggarakan di Springfield, Illinois, Amerika Serikat, Sabtu (6/4/2019). KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTRASuasana Lincoln Presidential Half Marathon yang diselenggarakan di Springfield, Illinois, Amerika Serikat, Sabtu (6/4/2019).

SPRINGFIELD, KOMPAS.com - Sebuah komunitas pelari bernama Springfield Road Runners Club (SRRC) secara rutin menggelar lomba lari jarak jauh atau maraton di Springfield, negara bagian Illinois, Amerika Serikat.

Tiap tahunnya, SRRC mengadakan lomba lari bertajuk Lincoln Presidential Half Marathon. Nama Presiden ke-16 Amerika Serikat itu jadi tema utama karena selain berlomba, para pelari diajak ke tempat-tempat bersejarah untuk mengenang Lincoln dan kiprahnya.

Pada tahun ini, Lincoln Presidential Half Marathon diadakan pada Sabtu (6/4/2019). Suhu di Springfield sekitar 11 derajat celcius. Kondisi yang semberibit (dingin) tidak mengendurkan niat para pelari yang telah berkumpul sejak pagi untuk pemanasan.

Di tengah para pelari, ada dua figur yang berkostum dan didandani mirip dengan Lincoln berikut istrinya, Mary Todd Lincoln. Mereka hadir di kumpulan pelari sembari melayani permintaan swafoto sebelum lomba dimulai.

Baca juga: Berlari Marathon Sambil Melihat Pohon Sakura, Mau?

Selain sebagai lomba lari semata, Lincoln Presidential Half Marathon yang diselenggarakan di Springfield, Illinois, Amerika Serikat, Sabtu (6/4/2019), juga diadakan untuk mengenang sejarah Presiden ke-16 Amerika Serikat itu.KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTRA Selain sebagai lomba lari semata, Lincoln Presidential Half Marathon yang diselenggarakan di Springfield, Illinois, Amerika Serikat, Sabtu (6/4/2019), juga diadakan untuk mengenang sejarah Presiden ke-16 Amerika Serikat itu.
Tepat pukul 07.30 waktu setempat, half marathon dimulai. Titik start ada di dekat Lincoln Presidential Museum.

Tidak jauh dari sana ada Old State Capitol, tempat dahulu Lincoln berkiprah sebagai pengacara dan legislator. Bangunan tersebut kerap jadi spot foto karena bentuknya yang unik menyerupai Capitol Building di Washington DC, kantor Kongres Amerika Serikat.

Setelah disuguhi pemandangan Capitol, pelari kemudian melewati Lincoln Home National Historic Site. Tempat itu merupakan bangunan yang pernah dihuni Lincoln dan keluarganya sebelum jadi Presiden Amerika Serikat.

Setelah melewati beberapa belokan, pelari akan menemui gedung besar tepat di hadapan mereka, yakni Illinois State Capitol.

Gedung ini menjulang tinggi dan sekilas masih mirip dengan Capitol Building di Washington DC. Bedanya, di depan gedung terdapat patung Abraham Lincoln berdiri tegak.

Baca juga: Gede Pangrango Marathon, Lintas Alam di Atas Gunung

Suasana Lincoln Presidential Half Marathon yang diselenggarakan di Springfield, Illinois, Amerika Serikat, Sabtu (6/4/2019). KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTRA Suasana Lincoln Presidential Half Marathon yang diselenggarakan di Springfield, Illinois, Amerika Serikat, Sabtu (6/4/2019).
Selain melewati bangunan-bangunan bersejarah, pelari juga diajak melintasi kawasan permukiman di Springfield yang masih dihuni warga setempat.

Sebagian besar warga lokal memberikan semangat kepada pelari, di antaranya sejumlah anak kecil yang membawa kertas bertuliskan "You Rock!", "You Can Do It!", serta "Good Job Runners!".

Usai memasuki kawasan permukiman, rute membawa para pelari ke beberapa taman serta pemakaman tempat Abraham Lincoln dimakamkan. Pemakaman yang dimaksud adalah Oak Ridge Cemetery.

Suasana Lincoln Presidential Half Marathon yang diselenggarakan di Springfield, Illinois, Amerika Serikat, Sabtu (6/4/2019). KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTRA Suasana Lincoln Presidential Half Marathon yang diselenggarakan di Springfield, Illinois, Amerika Serikat, Sabtu (6/4/2019).
Jangan dibayangkan pemakaman yang seperti di film-film horor, area ini justru tampak luas dan indah berikut dengan taman dan pepohonan yang terawat.

Di tengah pemakaman, ada makam Lincoln yang biasa jadi destinasi wisata warga dengan bangunan batu berukuran besar, patung Lincoln, serta bendera Amerika Serikat yang menjulang tinggi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X