Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Nikmati Sajian Selai Pisang Terbaik di Festival Cross Border Keerom

Kompas.com - 09/04/2019, 11:30 WIB
Mikhael Gewati

Editor


KOMPAS.com
 – Sebulan lagi Festival Cross Border Keerom 2019 di Papua akan dimulai. Selain menampilkan pertunjukan musik reggae, pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas Keerom. Salah satunya selai pisang.

Asal tahu saja, Selai Pisang khas Keerom sudah menjadi identitas kuliner Papua. Tak hanya di Festival Cross Border Kaeerom 2019, menurut rencana selai pisang Keerom juga akan ditawarkan di PON XX Papua.

Sementara itu, Festival Cross Border Keerom 2019 akan dihelat di Lapangan Swakarsa, Waris, 3-5 Mei 2019. Bintang tamu event ini adalah Ras Muhammad, Gorby-The Comen Rasta, dan XD Band.

“Selai pisang ini salah satu produk andalan Keerom. Rasanya sangat nikmat. Jadi, selai pisang ini harus dicoba ketika berkunjung ke Keerom di awal Mei nanti,” ungkap Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani, seperti dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Selasa (9/4/2019).

Perlu diketahui, Selai Pisang Keerom telah dikembangkan menjadi home industry sejak tahun 2008. Prodak olahan ini tepatnya dikembangkan di Kampung Jaifuri, Distrik Skamto, Keerom, Papua.

“Keerom adalah penghasil buah-buahan terbaik dan yang paling dominan adalah pisang. Wajar bila Keerom membuat olahan produksi dengan bahan baku utama pisang.

Bukan sekedar nikmat, namun produk olahan Kampung Jaifuri ini memiliki kandungan nutrisi terbaik. Bahkan buah ini menjadi penambah nutrisi dan energi bagi para atlet.

Dengan bahan baku utama pisang, produk tersebut memiliki kandungan vitamin, mineral, serat, protein, karbohidrat, dan lemak. Tidak hanya itu, pisang mudah dicerna, lalu kandungan gulanya bisa diubah cepat.

“Pengunjung butuh energi besar untuk menikmati pesta reggae selama 3 hari penuh di Festival Cross Border Keerom 2019. Jadi, kami rekomendasikan selai pisang ini untuk menambah asupan nutrsi dan energi,” ucap Ricky.

Dengan kualitas yang dimilikinya, selai pisang khas Keerom akan ditawarkan sebagai produk terbaik saat PON XX Papua pada 2020 nanti. Selai pisang ini menjadi salah satu oleh-oleh resmi untuk PON XX.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menjelaskan, pisang dan selainya menjadi produk luar biasa yang dimiliki Keerom. Maka dari itu, wisatawan akan mendapatkan banyak experience terbaik bila berkunjung ke Keerom.

“Dengan potensinya ini, selai pisang harus jadi salah satu cenderamata saat berkunjung ke Keerom. Untuk itu, mulai atur kembali kembali perjalanan menuju Keerom,” tutup Menpar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com