Ke Nglanggeran, Jangan Lupa Mampir ke Air Terjun Kedung Kandang

Kompas.com - 09/04/2019, 12:07 WIB
Air Terjun Kedung Kandang di Nglanggeran, Gunungkidul. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaAir Terjun Kedung Kandang di Nglanggeran, Gunungkidul.

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com – Saat ini Nglanggeran menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Gunungkidul dan Yogyakarta secara umum. Setiap akhir pekan destinasi ini hampir selalu diserbu banyak wisatawan.

Gunung Api Purba menjadi obyek wisata andalan yang ada di Nglanggeran ini. Rute pendakian yang mudah dengan keindahan panorama dari ketinggian sukses menjadi magnet kuat untuk menarik wisatawa.

Baca juga: Perjalanan Mendebarkan Menuju Air Terjun Kedung Kayang Magelang

Namun Nglanggeran bukan hanya gunung api purba semata. Masih ada obyek wisata menarik yang terseber di destinasi wisata ini. Salah satu obyek wisata alam di Nglanggeran adalah Air Terjun Kedung Kandang.

Air terjun ini masih berada dalam kompleks wisata Nglanggeran. Lokasinya tidak jauh dari pintu masuk pendakian Gunung Api Purba. Area parkir Air Terjun Kedung Kandang hanyalah 1,2 kilometer dari sana.

Menembus Jalan Setapak

Perjalanan menuju Air Terjun Kedung Kandang masih harus dilakukan dengan berjalan kaki usai memarkir kendaraan. Area parkir cukup luas sehingga bisa menampung banyak kendaraan, mulai sepeda motor sampai kendaraan roda empat.

Baca juga: Berkunjung ke Air Terjun Jumog Karanganyar, Simak 4 Tips Ini

Kondisi jalan menurun harus dilalui wisatawan yang akan menuju lokasi air terjun. Jalan setapak berupa tanah yang berada di tengah areal persawahan. Terkadang jalan setapak juga berupa bebatuan.

Jalan setapak menuju Air Terjun Kedung Kandang di Nglanggeran, Gunung Kidul.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Jalan setapak menuju Air Terjun Kedung Kandang di Nglanggeran, Gunung Kidul.
Meski demikian, pihak pengelola telah membenahi beberapa titik jalan yang cukup curam dengan membangun tangga sehingga mudah untuk dilalui. Namun ada beberapa titik yang masih cukup licin dan becek.

Baca juga: 5 Tips Berwisata ke Air Terjun Ketika Musim Hujan

Rute jalan setapak yang menurun ini rata-rata harus dilalui sekitar 15-30 menit, tergantung kecepatan. Sepanjang jalan, pengunjung akan disuguhkan panorama persawahan dan pemandangan dari ketinggian.

Pesona Air Terjun Bertingkat

Usai menembus jalan setapak di antara areal persawahan, perjalanan akan sampai di sungai yang bersumber dari Air Terjun Kedung Kandang. Jika sudah sampai di sungai, perjalanan sudah tidak lagi jauh dan kondisi jalan setapak pun tidak lagi menurun.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X