4 Kuliner Tradisional yang Jangan Sampai Dilewatkan saat Berlibur ke Solo

Kompas.com - 09/04/2019, 15:06 WIB
Kuliner brambang asem Khas Solo. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaKuliner brambang asem Khas Solo.

SURAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai salah satu pusat kebudayaan, Kota Solo memiliki berbagai obyek wisata dan event berbalut seni-budaya yang begitu kental. Hal itulah yang menjadikan Kota Solo menarik untuk dikunjungi.

Namun, selain obyek wisata dan event yang kental dengan kebudayaan, Kota Solo juga mempunyai andalan lain, yakni wisata kuliner. Satu hal spesial dari wisata kuliner di Solo adalah sajiannya yang tetap mempertahankan tradisi sejak zaman dahulu.

Baca juga: Mencicipi Roti Kembang Waru, Kuliner Mewah Zaman Mataram Islam

Pasar Gede menjadi salah satu tempat di Kota Solo yang cocok untuk wisata kuliner. Ada banyak kuliner tradisional khas Kota Bengawan yang bisa didapatkan di pasar legendaris Kota Solo ini.

Oleh karena itu jika mampir ke Solo, jangan lewatkan 4 kuliner legendaris berikut ini:

1. Es gempol pleret

Memulai perburuan kuliner khas Solo dengan kesegaran merupakan keputusan yang tepat. Hal ini bisa dilakukan dengan membeli es gempol pleret. Salah satu penjual es ini bahkan sudah ada di pintu masuk utama Pasar Gede.

Es gempol pleret, minuman tradisional khas Solo yang menyegarkan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Es gempol pleret, minuman tradisional khas Solo yang menyegarkan.
Minuman segar tradisional ini cocok dinikmati pada hari yang panas. Jika perjalanan ke Pasar Gede dilakukan dengan menembus teriknya siang, es gempol pleret siap untuk menghapus segala panas dan dahaga itu.

Baca juga: Berkunjung ke Solo, Jangan Lewatkan Kesegaran Es Gempol Pleret

Rasa gempol dan pleret yang gurih berpadu sempurna dengan manisnya kuah santan dengan pemanis dari gula Jawa. Hanya seharga Rp 7.000 saja, rasanya seolah kurang jika hanya membeli satu porsi es gempol pleret.

2. Brambang asem

Usai mengusir dahaga dengan es gempol pleret, perburuan kuliner selanjutnya mulai memasuki kawasan dalam Pasar Gede. Nantinya akan dijumpai banyak penjual kuliner tradisional. Kini kuliner untuk mengisi perut sangat pas sebagai target buruan selanjutnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X