Share this page

Air Terjun Talang Kemulun, Surga tersembunyi di Kerinci

Kompas.com - 10/Apr/2019 , 11:29 WIB

Air Terjun Talang Kemulun, Surga tersembunyi di Kerinci

KOMPAS.com- Kabupaten Kerinci yang berada di wilayah Jambi dikenal dengan wisata gunungnya, yakni Gunung Kerinci.

Namun, tahukah Anda, selain itu Kabupaten Kerinci juga punya destinasi wisata tersembunyi yang tak kalah pesonanya, yakni Air Terjun Talang Kemulun.

Neskipun telah lama ditemukan, yaitu pada 1995, Air Terjun Talang Kemulun tetap terjaga alami. Destinasi ini bahkan disebut-sebut sebagai surge tersebunyi di wilayah Jambi.

Terletak di Desa Kemulun, Kecamatan Danau Kerinci, Air terjun Talang Kemulun masuk dalam kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang tersembunyi di balik hutan. Hal ini lah yang membuat suasana di sekitar air terjun ini masih terlihat alami.

Tak jauh dari pusat kota

Anggapan surga tersembunyi sebenarnya mengejutkan. Sebab, lokasi Air Terjun Kemulun pada dasarnya tak jauh dari pusat kota. Radiusnya hanya berbeda beberapa kilometer saja.

Maklum, kepopulerannya tak dapat menyaingi wisata alam yang lain di Kerinci. Padahal, keindahan destinasi Air terjun Kemulun bisa dibilang tak kalah menarik.

Air Terjun Talang Kemulun punya sekitar 12 tingkatan tangga-tangga yang menjulang tinggi. Sudah begitu, wisatawan akan mendapatkan sensasi yang berbeda pada tiap tingkatan.

Dinformasikan dari pesona travel, pengunjung dapat menemukan banyak jenis macam batu, termasuk batu akik, pada tiap undakannya.

Keindahan alam Air Terjun Talang Kemulun, Kerinci, Jambi.https://pesona.travel Keindahan alam Air Terjun Talang Kemulun, Kerinci, Jambi.

Selain itu, air yang mengalir pada destinasi tersebut jernih, dingin, dan menyejukkan.

Pemandangan yang tak kalah indah bisa dinikmati sejak wisatawan berada di tingkatan paling bawah. Atmosfernya pun membuat siapa saja yang dating akan merasa nyaman.

Suara riuh dari derasnya air terjun yang melewati bebatuan bertingkat, serta hawa dingin seakan mengantarkan pengunjung pada ketenangan khas desa. Belum lagi latar panorama hijau di sekitar air terjun, membuat wisatawan betah berlama-lama saat berada di sana.

Tak sulit mengunjungi destinais itu. Wisatawan hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 15 menit menggunakan kendaraan roda 4 ataupun roda 2 dari Kota Sungaipenuh sampai ke ujung desa.

Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama satu jam dari Desa Kemulun dengan melewati perkebunan kopi, sayur, kulit manis, kebun karet, dan kawasan hutan TNKS.

Tenang, perjalanan tak akan terasa panjang karena selama menuju ke Air Terjun Talang Kemulun, wisatawan akan ditemani dengan banyak suara kicauan burung, kera hitam berlengan panjang, dan masih banyak satwa lainnya yang saling bersahutan mengiringi perjalanan.

Nah, tak ada salahnya menyempatkan diri untuk mengunjungi Air Terjun Talang Kemulun saat berada di Kerinci, bukan?

 

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya