Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Tempat Memotret Senja dari Kawasan Kolang di Flores Barat (2)

Kompas.com - 10/04/2019, 14:09 WIB
Markus Makur,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

KOLANG, KOMPAS.com — Wisatawan mancanegara dan Nusantara saat berkunjung ke Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur hanya memotret dan menikmati matahari terbenam di seputar pesisir pantai di Kota Labuan Bajo.

Memang dari sisi akses bagi wisatawan sangat mudah berada di Kota Labuan Bajo. Apalagi lokasi menyaksikan matahari terbenam hanya seputar kawasan Pantai di sekitar Kota Labuan Bajo. Bisa juga seputar perairan Taman Nasional (TN) Komodo apabila wisatawan menginap di kapal-kapal wisata di sekitar perairan Labuan Bajo.

Selama ini pelaku pariwisata yang berada di Kota Labuan Bajo, Bali dan Jakarta gencar mempromosikan binatang langka Komodo yang berada di Kawasan TN Komodo. Tidaklah salah bagi pelaku pariwisata mempromosikan keunikan binatang langka yang hanya di hidup di Kabupaten Manggarai Barat.

Baca juga: Menjelajahi Lembah Ranggu-Kolang yang Eksotis di Flores Barat (1)

Kemudahan akses dipadukan dengan kemudahan transportasi serta kenyamanan bagi wisatawan menjadi kunci utama dalam menjelajahi obyek wisata di Pulau Flores. Bahkan agen perjalanan wisata tidak berani menjual paket perjalanan wisata yang akses transportasi kurang bagus, seperti jalan raya yang belum memadai.

Sesungguhnya obyek wisata yang masih tersembunyi di lembah, lereng gunung di kawasan Kolang, Kecamatan Kuwus dan Kuwus Barat tak kalah menariknya dengan obyek wisata di tempat lain di Pulau Flores.

Baca juga: Dari Sukabumi sampai Flores, 5 Destinasi di Indonesia untuk Road Trip

Bagi seorang fotografer yang suka menjelajahi wisata alam, matahari terbenam sangat disarankan untuk memotret keunikan alam yang berada di bawah kaki gunung Poso Kuwuh.

Hasil penelusuran Kompas.com bahwa inilah tempat-tempat terbaik untuk memotret matahari terbenam di kawasan bagian Utara dari Manggarai Barat, khususnya di kawasan Kolang.

1. Lembah Kampung Wajur

Di samping Gereja Katolik Paroki Josef Freinedemetz Wajur dan perkampungan tua Wajur merupakan salah satu tempat terbaik untuk memotret matahari terbenam di ujung pulau Flores Barat.

Pada bulan Juni-Juli terlihat indah bulatan matahari terbenam yang sedang jatuh ke laut di Pulau Flores bagian Barat. Saat-saat itu musim kemarau di Pulau Flores sehingga para fotografer dan wisatawan tidak terganggu dengan cuaca alam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com