Jalan-jalan ke Chicago, Jangan Lupa Mampir Menikmati Riverwalk

Kompas.com - 10/04/2019, 16:36 WIB
Suasana Kota Chicago saat berwisata riverwalk atau berjalan menyusuri Sungai Chicago di Chicago, negara bagian Illinois, Amerika Serikat, Sabtu (5/4/2019). Wisata riverwalk jadi daya tarik bagi turis mancanegara yang berkunjung ke Chicago.
KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTRASuasana Kota Chicago saat berwisata riverwalk atau berjalan menyusuri Sungai Chicago di Chicago, negara bagian Illinois, Amerika Serikat, Sabtu (5/4/2019). Wisata riverwalk jadi daya tarik bagi turis mancanegara yang berkunjung ke Chicago.

CHICAGO, KOMPAS.com - Salah satu hal yang tidak boleh dilewati saat berada di Chicago, negara bagian Illinois, Amerika Serikat adalah wisata riverwalk atau berjalan di pinggir sungai.

Sungai yang dimaksud adalah Sungai Chicago yang membentang di sepanjang downtown atau pusat kota tersebut.

Akses menuju wisata riverwalk dapat dengan mudah ditemui dengan menyusuri jalan-jalan di dekat Sungai Chicago. Salah satu penandanya adalah gerbang kecil bertuliskan Chicago Riverwalk.

Pelancong yang turun ke area wisata riverwalk dapat melihat bagian kota Chicago yang dipenuhi gedung-gedung tinggi dari sebelah bawah, tepat di pinggir sungai. Sesekali di sungai tersebut ada kapal yang melintas, melewati sejumlah jembatan tua di sana.

Baca juga: Chicago Berencana Bangun Taman Terapung

Konsul untuk Informasi, Sosial, dan Urusan Budaya di Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Chicago, Fajar Yusuf, menyebut wisata riverwalk menjadi salah satu daya tarik para turis yang bepergian ke kota tersebut.

Bahkan, pejalan kaki dapat menikmati sensasi melihat Chicago dari sudut pandang yang berbeda, yakni keindahan arsitektur bangunan-bangunan yang ada di sana.

Suasana Kota Chicago saat berwisata riverwalk atau berjalan menyusuri Sungai Chicago di Chicago, negara bagian Illinois, Amerika Serikat, Sabtu (5/4/2019). Wisata riverwalk jadi daya tarik bagi turis mancanegara yang berkunjung ke Chicago.KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTRA Suasana Kota Chicago saat berwisata riverwalk atau berjalan menyusuri Sungai Chicago di Chicago, negara bagian Illinois, Amerika Serikat, Sabtu (5/4/2019). Wisata riverwalk jadi daya tarik bagi turis mancanegara yang berkunjung ke Chicago.
"Chicago dikenal juga sebagai kota arsitektur karena desain bangunan di sini unik dan menarik untuk dilihat. Salah satunya bangunan dengan desain art deco," kata Fajar kepada Kompas.com, Jumat (5/4/2019).

Fajar sempat menunjukkan salah satu gedung yang sekilas terlihat seperti jagung. Fajar menjelaskan, gedung tersebut sebagian dipakai jadi tempat parkir dan lantai atasnya merupakan perkantoran.

Baca juga: 9 Hal yang Dilakukan saat Traveling ke Chicago (1)

Terdapat sejumlah gedung yang dahulu dipakai oleh pemerintah, salah satunya bekas kantor pos yang kini jadi perkantoran. Juga ada gedung Art on theMART yang menjadi salah satu bangunan terluas di Chicago.

Fajar mengungkapkan, wisata riverwalk biasanya akan ramai dikunjungi wisatawan, khususnya pada saat musim panas atau summer.

Suasana Chicago Union Station di Chicago, negara bagian Illinois, Amerika Serikat, Sabtu (5/4/2019). Desain bangunan di stasiun terbesar di Chicago ini mendapatkan pengaruh dari Eropa. KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTRA Suasana Chicago Union Station di Chicago, negara bagian Illinois, Amerika Serikat, Sabtu (5/4/2019). Desain bangunan di stasiun terbesar di Chicago ini mendapatkan pengaruh dari Eropa.
Pemerintah di Chicago juga secara rutin merevitalisasi area di sepanjang wisata riverwalk untuk mengakomodasi kunjungan turis yang semakin banyak tiap tahun.

"Pemerintah di sini ada bikin semacam pertunjukkan air mancur dan menyediakan toilet khusus untuk keluarga. Ini menandakan wisata riverwalk ramah untuk keluarga," tutur Fajar.

Baca juga: 9 Hal yang Dilakukan saat Traveling ke Chicago (2)

Selain melakukan wisata riverwalk, turis juga dapat berjalan-jalan santai di downtown sambil melihat-lihat gedung dari dekat.

Bila punya waktu lebih, menarik juga untuk mengunjungi Chicago Union Station, stasiun kereta terpadu dengan desain bangunan megah ala Eropa yang letaknya masih di pusat kota.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X