Kompas.com - 10/04/2019, 18:10 WIB
Lower Deck Pax Experience Modules, desain kabin pesawat yakni kamar kabin untuk kelas ekonomi. Dok. CNN TravelLower Deck Pax Experience Modules, desain kabin pesawat yakni kamar kabin untuk kelas ekonomi.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama dua dekade, kabin pesawat tampak tidak mengalami perubahan yang signifikan. Bahkan jarak antar kursi penumpang semakin sempit dan lebar kursi semakin dipangkas.

Namun interior kabin di masa mendatang bisa jadi akan mengalami perubahan signifikan. Sebagaimana dilihat dalam 2019 Crytal Cabin Awards di Aircraft Interiors Expo, Hamburg, Jerman. Sebanyak 100 peserta dari 22 negara turut serta untuk menghadirkan konsep kabin pesawat terbaru.

Berbagai inovasi dan eksplorasi dilakukan untuk mengubah interior kabin pesawat. Salah satu yang paling menarik adalah ide dari pabrikan pesawat Airbus bekerja sama dengan perusahaan Perancis, Safran.

Baca juga: Kabin Suites Singapore Airlines Terbaru seperti Hotel di Udara

Keduanya menghadirkan desain "Lower Deck Pax Experience Modules" dan berhasil mendapat penghargaan di kategori Cabin Concepts.

Desain ini mengusung kamar kabin untuk kelas ekonomi. Sekilas tampak seperti hotel kapsul, ditujukan bagi para penumpang pesawat agar dapat bersitirahat lebih maksimal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Apa yang dapat kami katakan untuk proyek ini adalah ini adalah mimpi kita, akhirnya bisa tidur saat terbang kelas ekonomi. Saya rasa ini rancangan yang bernilai, layak untuk kita coba," kata cabin product director di Airbus, Fredric Mazel kepada CNN Internasional.

Mazel menyebutkan tempat tidur ini mungkin tidak cocok untuk penumpang yang takut akan ruang sempit dan gelap, tetapi bagi penumpang lain ini akan menyenangkan.

Peacock Suite, desain kabin pesawat kelas utama layaknya kamar suite di hotel mewah. Dok. CNN Travel Peacock Suite, desain kabin pesawat kelas utama layaknya kamar suite di hotel mewah.

Saat ditanya kapan desainnya dapat terealisasi, Mazel mengatakan tergantung adakah maskapai yang ingin menerapkan desain ini ke kabin mereka.

"Kami sudah siap, jika mereka (maskapai) setuju untuk beberapa bulan ke depan, maka ini dapat terlaksana 2021," jelas Mazel.

Tak kalah menarik untuk kategori Visionary Concepts, Paperclip Design menghadirkan "Peacock Suites". Desain kabin mewah dan super fleksibel yang menyesuaikan kebutuhan penumpang kelas utama.

Desain ini membuat kompartemen untuk keluarga, yang hadir dengan tempat tidur tingkat dan dapat diubah menjadi tiga kamar suite. Layaknya hotel mewah yang terbang di udara. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNN Travel
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.