Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT TMII, Pengelola Targetkan 400.000 Wisatawan

Kompas.com - 11/04/2019, 09:01 WIB
Rifqi Aufal Sutisna,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan hari jadi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan digelar pada tanggal 19-21 April 2019 mendatang. Pada 20 April, Manajemen TMII menggratiskan biaya masuk orang saat jam operasional.

Ketua Penyelenggara Perayaan HUT TMII ke-44, Ery Subada mengatakan, selama perayaan pihaknya menargetkan sebanyak 400 ribu pengunjung yang datang memeriahkan perayaan.

Target ini serupa dengan tahun lalu. Bedanya, menurut Ery, penyelenggaraan HUT kali ini berdekatan dengan tanggal pelaksanaan Pilpres 2019, sehingga mungkin pengunjung akan lebih banyak berdatangan.

Baca juga: Tak Capai Target, Jumlah Wisman ke Indonesia Tahun 2018 Sebanyak 15,81 Juta

"Seperti tahun lalu 400 ribu, tapi kami yakin di ulang tahun ini tidak berbeda jauh karena tanggal 14 selesai pilpres, kemudian masyarakat jenuh, jadi tanggal merah pada 19 April mereka ingin refreshing," katanya di Perpustakaan TMII, Jakarta, Rabu (10/04/2019).

Jumpa pers dalam rangka pekan HUT ke-44 TMII.Rifqi Aufal Sutisna Jumpa pers dalam rangka pekan HUT ke-44 TMII.
Ery mengatakan, biasanya penyelenggara membutuhkan 10 hari kegiatan perayaan. Namun, pihaknya terkendala izin sehingga memangkas gelaran acara menjadi tiga hari kegiatan.

"Karena ini menayangkut pilpres, tidak mendapat izin jadi untuk membawa masa yang besar. Jadi kami kurangi kegiataan ini, kami lebih kepada budaya bangsa. Tapi dari kegitan tersebut, tidak ada yang berubah, hanya waktunya saja lebih sebentar," katanya.

Baca juga: Kabupaten Manggarai Barat Fokus Kejar Target 500.000 Wisatawan

Untuk tanggal 20 April sendiri, pihak Ery menargetkan kedatangan pengunjung sebanyak 100 ribuan orang untuk mencapai target 400 ribu pengunjung dalam tiga hari penyelenggaraan.

Sementara itu, TMII juga mematok target pengunjung tahunan. Untuk 2019 ini, TMII berharap bisa menarik lebih dari tujuh juta pengunjung dan wisatawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com