Kompas.com - 11/04/2019, 12:16 WIB
Puncak Ngekong di Nglanggeran, Gunungkidul. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaPuncak Ngekong di Nglanggeran, Gunungkidul.

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com – Jika membahas tentang Nglanggeran, yang muncul di dalam benak kemungkinan besar adalah puncak gunung api purba. Hal itu wajar karena gunung api purba memang merupakan obyek wisata utama di Nglanggeran, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Sebenarnya masih ada banyak obyek wisata yang tersebar di kawasan Nglanggeran. Tak hanya punya gunung api purba, ada pula air terjun bernama Kedung Kandang. Lokasi air terjun ini tidak jauh dari gunung api purba.

Baca juga: Ke Nglanggeran, Jangan Lupa Mampir ke Air Terjun Kedung Kandang

Menuju Air Terjun Kedung Kandang membutuhkan jalan kaki selama sekitar 15-30 menit melewati jalan setapak. Rute menuju air terjun kondisinya memang menurun sehingga tidak terlalu melelahkan.

Namun, perjalanan menjadi cukup melelahkan karena harus melalui rute menanjak. Oleh karena itu usai menyambangi Air Terjun Kedung Kandang, ada baiknya istirahat dulu di Puncak Ngekong.

Keindahan Panorama dan Semilir Angin di Puncak Ngekong

Puncak Ngekong sebenarnya searah dengan rute jalan setapak menuju Air Terjun Kedung Kandang. Lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat parkir kendaraan pengunjung yang akan menyambangi air terjun itu.

Terdapat sebuah plang bertuliskan nama Puncak Ngekong di tengah perjalanan menuju Air Terjun Kedung Kandang. Selain plang penunjuk jalan, telah dibangun pula sebuah gazebo oleh pihak pengelola dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Nglanggeran.

Baca juga: Usai Mendaki Gunung Api Purba, Mampir ke Griya Cokelat Nglanggeran

Biasanya, Puncak Ngekong dilewatkan begitu saja oleh pengunjung air terjun. Hal itu karena air terjun-lah yang menjadi tujuan utama. Meski demikian, pengunjung kemungkinan besar tidak akan tahan untuk memotret keindahan panorama dari puncak ini.

Gazebo di Puncak Ngekong, Nglanggeran, Gunungkidul.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Gazebo di Puncak Ngekong, Nglanggeran, Gunungkidul.
Namun bagi pengunjung yang baru saja menempuh perjalanan dari Air Terjun Kedung Kandang, Puncak Ngekong menjadi tempat pemberhentian nan menggoda. Tentu hal itu karena perjalanan melewati tanjakan yang melelahkan.

Saat lelah, beristirahat di Puncak Ngekong memang merupakan pilihan terbaik sebelum kembali memacu kendaraan yang ada di area parkir. Biasanya pengunjung paling lelah saat tiba di sini usai menapaki tanjakan dari air terjun menuju area parkir.

Baca juga: Pantai Ngobaran, Sepotong Bali di Selatan Gunungkidul

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.