Iguazu Falls, Saingan Air Terjun Niagara di Perbatasan Brazil dan Argentina

Kompas.com - 12/04/2019, 07:02 WIB
Iguazu Falls di Perbatasan Brazil dengan Argentina. ShutterstockIguazu Falls di Perbatasan Brazil dengan Argentina.

KOMPAS.com – Dunia ini memiliki banyak tempat-tempat yang menakjubkan untuk dikunjungi. Ada gurun pasir yang sangat luas, hutan rimba nan lebat, hingga air terjun raksasa, semua ada di dunia.

Khusus kategori terakhir, ada banyak air terjun yang menakjubkan di dunia. Beberapa di antaranya ada yang menjulang tinggi, ada pula air terjun yang begitu besar sehingga tampak bagai dinding raksasa.

Baca juga: 4 Keindahan Alam Afrika, Ada Air Terjun hingga Pergunungan Bersalju

Air terjun yang besar ternyata bukan hanya Niagara. Ada satu air terjun besar yang punya daya tarik sendiri, yakni Air Terjun Iguazu atau Iguazu Falls. Air terjun ini terletak di perbatasan Negara Brazil dan Argentina.

Iguazu Falls memang menjadi obyek wisata yang digemari oleh banyak wisatawan. Setiap tahun ada lebih dari sejuta wisatawan yang datang ke air terjun ini. Sampai saat ini, daya tariknya tidak menunjukkan tanda-tanda berkurang.

Air terjun paling spesial di Bumi

Bentang alam Iguazu Falls bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Keindahan dan menakjubkannya air terjun ini sulit untuk digambarkan dengan kata-kata.

Sejauh mata memandang, tampak barisan air terjun yang memukau, beberapa di antaranya besar dan kuat, ada pula air terjun yang kecil.

Berada di samping Iguazu Falls, manusia tampak begitu kecil. Hal itu karena ukuran air terjun memiliki area seluas 2,7 kilometer. Iguazu Falls terdiri dari gabungan sekitar 275 air terjun. Jumlah ini tergantung pada musim.

Air terjun tertinggi di Iguazu Falls bernama Devil’s Throat atau Tenggorokan Iblis. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 80 meter. Aliran airnya turun ke dalam jurang yang berwarna putih dengan awan kabut titik air permanen.

Baca juga: 5 Tips Berwisata ke Air Terjun Ketika Musim Hujan

Hal itu membuat Iguazu Falls lebih tinggi dari Air Terjun Niagara. Tinggi air terjun ini hanya disaingi oleh Air Terjun Victoria di Zambia dan Zimbabwe dengan ketinggian kurang-lebih 108 meter.

Iguazu Falls juga lebih lebar dari Air Terjun Niagara dan Victoria. Jumlah air yang mengalir di air terjun ini pun begitu besar, yakni sekitar 1.500 meter kubik per detiknya. Saat sedang deras (biasanya November-Maret), aliran air bisa mencapai 13.000 meter kubik per detik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN Travel

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X