Panduan Berkeliling Kota Bandar Seri Begawan, Brunei

Kompas.com - 12/04/2019, 11:05 WIB
Ibukota Brunei Darussalam, Bandar Seri Begawan.Shutterstock Ibukota Brunei Darussalam, Bandar Seri Begawan.

KOMPAS.com Bandar Seri Begawan sebagai ibu kota Negara Brunei bisa menjadi salah satu tujuan wisata alternatif untuk liburan ke luar negeri. Jarak yang relatif tidak terlalu jauh dari Indonesia membuat kota ini cukup terjangkau untuk dikunjungi.

Bandar Seri Begawan memiliki banyak masjid paling indah di kawasan Asia Tenggara. Selain itu, terdapat banyak desa desa dengan rumah panggung yang unik di Ibukota Brunei ini.

Baca juga: 5 Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan saat Berlibur ke Singapura

Jika dalam waktu dekat ada rencana berkunjung ke Kota Bandar Seri begawan, berikut panduannya.

Berjalan kaki

Berjalan kaki bisa dilakukan untuk mengunjungi obyek-obyek wisata di Kota Bandar Seri Begawan. Waterfront, Masjid Omar Ali Saifuddien, dan Museum Royal Regalia bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit dengan berjalan kaki.

Berjalan kaki di Bandar Seri Begawan pun cukup nyaman. Trotoar yang luas dan lingkungan yang cukup bersih menjadikan suasana berjalan kian menyenangkan.

Baca juga: Ke Myanmar, Jajal Pengalaman Mengesankan Naik Balon Terbang di Bagan

Namun, cuaca di Bandar Seri Begawan juga tidak jauh berbeda dari Indonesia, yakni panas dan lembab. Oleh karena itu, berjalan paling pas dilakukan sebelum jam 10 pagi atau setelah jam 4 sore.

Naik bus

Berkeliling Kota Bandar Seri Begawan paling murah dan nyaman dilakukan dengan baik bus. Cara naik bus di kota ini juga sama dengan di Indonesia, yakni mencegatnya dengan melambaikan tangan dari sisi jalan.

Tarif bus juga cukup terjangkau, yakni hanya sekitar Rp 8.000 saja. Biasanya jurusan bus tertera di jendela sopir. Namun jika bingung, bertanya kepada masyarakat setempat bisa dilakukan.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah, bus di Bandar Seri Begawan tidak beroperasi selama 24 jam. Biasanya bus tidak lagi beroperasi usai pukul 18.00 atau 20.00 waktu setempat. Lebih baik mempunyai telepon taksi untuk berjaga-jaga andai kehabisan bus.

Naik taksi air

Taksi air di Bandar Seri Begawan berbentuk seperti perahu. Angkutan air ini bisanya mengangkut ratusan penumpang setiap harinya. Taksi air ini bisa mengangkut penumpang menuju atau dari Kampong Ayer.

Halaman:



Close Ads X