VITO Diminta Manfaatkan Singapura untuk Dorong Turis ke Indonesia

Kompas.com - 12/04/2019, 15:06 WIB
Singapura. ShutterstockSingapura.

BATAM, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak sejumlah perwakilan Visit Indonesia Tourism Officer ( VITO) untuk memanfaatkan Singapura sebagai tourism hub.

Selain itu, Arief juga meminta VITO mendorong turis yang melalui Singapura untuk berkunjung masuk ke Indonesia.

Baca juga: Turis Indonesia Kini Lebih Mudah ke Pakistan, Cukup Visa On Arrival

Arief berharap, VITO bisa mengoptimalkan promosi pariwisata Indonesia secara efektif dari tourism hub, wisatawan milenial, dan juga industri Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE).

“Untuk tourism hub, saya harap para perwakilan VITO berkolaborasi membuat strategi dengan VITO Singapura. Contohnya VITO China menjual paket wisata dan menjadikan Singapura sebagai hub country sebelum mereka singgah ke Batam atau Bintan,” kata Arief dalam siaran pers yang diterima KompasTravel.

Kemenpar sendiri menargetkan VITO Singapura menyumbang 4 juta wisatawan mancanegara dari strategi tourism hub.

Baca juga: Alasan Utama Turis Asing Berwisata ke Indonesia

Target tersebut terbagi dalam dua kategori, yakni 2 juta wisman dari wisatawan Singapura maupun ekspatriat, dan 2 juta wisman dari Singapura sebagai tourism hub.

Tourism hub mengandung porsi 30 persen dari wisatawan asal ASEAN, Australia, dan Oceania Countries. Sisanya berasal dari China, India, Korea, Jepang, Amerika Serikat dan Eropa.

"Kalau kita ingin memasuki suatu negara, kita harus tahu betul karakter negara tersebut. Kita harus paham betul selera pasar kita. Umur berapa, sukanya apa, pemandangan, belanja, makanan, semua Itu harus dipahami,” ujar Arief.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X