Jangan Lupa Kenakan ”Stocking” Saat Penerbangan Jauh, Ini Fungsinya...

Kompas.com - 12/04/2019, 18:10 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COM Ilustrasi

KOMPAS.com – Ketika akan melalui penerbangan jauh, barang-barang apa saja yang biasa Anda siapkan? Apakah kacamata hitam? Paspor? Bantal Leher?

Barang-barang tersebut memang penting dan tak boleh ketinggalan. Namun tahukah Anda, ada barang lain yang tak kalah penting? Jawabannya adalah stocking.

Ahli Podiatris dari New York City, Ernest L. Isaacson mengatakan, stocking, compression sock atau beragam bentuk kaus kaki bertekanan tertentu sangat penting dibawa apalagi jika Anda diharuskan berada si ketinggian 35.000 kaki dalam waktu yang panjang.

"Kaus kaki kompresi, seperti yang terdengar, memberikan kompresi. Darah dipompa keluar dari jantung melalui arteri, dan kemudian kembali melalui pembuluh darah. Itu harus menjadi proses yang cukup merata, tetapi jika vena (atau sistem limfatik), yang mengalirkan cairan dari kaki tidak bekerja dengan baik,” ujarnya.

Baca juga: Masa Depan Kabin Pesawat, dari Kamar Kapsul sampai Kamar Suite

Dalam lingkungan pesawat terbang yang bertekanan tinggi, lanjutnya, darah berhenti bergerak dan kaki Anda mungkin akan membengkak. 

“Tekanan kabin itu menciptakan situasi di mana pembuluh darah Anda tidak bekerja secara efisien. Hal lain yang terjadi adalah bahwa biasanya Anda berada di sudut yang sempit, ” jelas Isaacson.

Menurut Isaacson, stocking, compression sock atau beragam bentuk kaus kaki bertekanan tertentu akan membantu kaki Anda untuk tetap pada kondisi yang baik dan menghindari pembengkakan.

Awak kabin Garuda Indonesia, melayani penumpang pesawat dalam penerbangan Jakarta-Balikpapan, Jumat (7/12/2018). Garuda Indonesia meluncurkan layanan penerbangan bernuansa klasik bertajuk Garuda Indonesia Vintage Flight Experience dari tanggal 7-17 Desember 2018KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES Awak kabin Garuda Indonesia, melayani penumpang pesawat dalam penerbangan Jakarta-Balikpapan, Jumat (7/12/2018). Garuda Indonesia meluncurkan layanan penerbangan bernuansa klasik bertajuk Garuda Indonesia Vintage Flight Experience dari tanggal 7-17 Desember 2018

Isaacson menjelaskan, kaus kaki bertekanan misalnya, telah lama direkomendasikan hanya kepada mereka yang berisiko mengalami pembekuan darah.

Orang dengan faktor risiko pembekuan darah hingga menyebabkan pembengkakan kaki ini misalnya seorang perokok, memiliki penyakit keturunan, menderita diabetes, berusia di atas 40 tahun, atau sedang hamil.

“Namun, kaus kaki bertekanan ini sekarang digunakan secara lebih luas oleh penumpang di semua kelompok umur dan tingkat kesejahteraan. Sekarang, kaus kaki jenis ini juga digunakan sebagai pengobatan untuk preventif (pencegahan) atau hanya terapi dan memberikan rasa nyaman pada kaki," kata Isaacson.

Baca juga: Unik, Pria Ini Jadi Penumpang Satu-satunya di Pesawat Menuju Italia

Selain menggunakan kaus kaki bertekanan ini, Isaacson juga menyarankan Anda melakukan beragam gerakan di dalam pesawat agar Anda tetap merasa nyaman. 

"Jika Anda sudah lama duduk, regangkan kaki Anda. Rentangkan kaki Anda lurus dan tekuk pergelangan kaki Anda kemudian tarik jari-jari kaki ke arah Anda. Beberapa maskapai menyarankan untuk menarik lutut ke atas ke arah dada dan memegangnya di sana dengan tangan di kaki bagian bawah selama 15 detik, dan ulangi hingga 10 kali," pungkasnya.



Close Ads X